Pengertian Akuntansi dan Pemakai atau Pengguna Informasi Akuntansi

Pengertian Akuntansi dan Pemakai atau Pengguna Informasi Akuntansi - Semakin majunya peradaban dan makin majunya kegiatan ekonomi, banyak pihak yang membutuhkan informasi keuangan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Akuntansi adalah salah satu yang bisa memberikan informasi keuangan. 


Peran akuntansi pada era informasi sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan ekonomi dan keuangan dalam suatu perusahaan. Akuntansi  menjadi alat bantu manajemen untuk menyajikan dan melaporkan informasi tentang pengelolaan sumber-sumber kekayaan dari suatu perusahaan. Selain itu akuntansi menjadi sistem pengukuran dan pencataan dalam pengelolaan sumber-sumber ekonomi perusahaan. Informasi keuangan yang dihasilkan akuntansi tersebut akan ditujukan kepada pihak yang berkepentingan untuk membantu para pengguna informasi keuangan dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan perusahaan. Maka dari itu akuntansi sering disebut sebagai bahasa perusahaan (business language) atau bahasa pengambilan keputusan (financial decesion of language).

Pengertian Akuntansi


Akuntansi adalah proses pencataan yang mengenai aktivitas keuangan entitas yang akan menghasilkan informasi keunagan. Tujuan akuntansi  adalah memberikan data yang relevan untuk pengguna informasi keungan dalam pengambilan keputusan, maka dari itu seorang akuntan harus sesuai etika dalam menyajikan laporan keungan.


Terdapat dua basis dalam pengakuan transaksi akuntansi, yaitu basis akrual dan basis kas. Pengakuan transasksi dalam basis akrual adalah pengakuan terhadap suatu transaksi  pada saat terjadinya transaksi tersebut, walau pendapatan belum diterima. Pengakuan transaksi dalam basis kas adalah pengakuan terhadap suatu tansaksi ketika terjadi kas keluar dank as masuk. 


Laporan Akuntansi


Akuntansi merupaka suatu alat yang digunkan untuk menyampaikan informasi keuangan kepada pihak-pihak pengguna yang memerlukan. Maka dari itu, akuntansi sering disebut dengan bahasa bisnis. Semakin baik kita mengerti bahasa tersebut, semakin baik pula kita dalam mengambil keputusan dan mengelola keuangan. Dalam penyampaian informasi keuangan tersebut digunakanlah sebuah laporan yang disebut dengan laporan keuangan. Biasanya perusahaan membuat laporan keuangan yang terdiri dari empat jenis laporan, yaitu:
  • Laporan laba rugi adalah laporan yang berisi informasi pendapatan perusahaan serta semua jenis beban perusahaan pada periode akuntansi tertentu. Dari laporan ini akan diketahui apakah perusahaan tersebut laba atau rugi.
  • Laporan perubahan modal adalan laporan yang berisi informasi perubahan modal suatu perusahaan selama periode akuntansi tertentu serta penyebab-penyebab yang mengakibatkan modal menjadi berubah.
  • Laporan posisi keuangan atau Neraca adalah laporan yang berisi informasi mengenai aset, kewajiban, dan modal suatu perusahaan di akhir periode akuntansi. Dari laporan ini dapat diketahui jumlah kekekayaan perusahaan, kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya, dan kemampuan perusahaan memperoleh pinjaman dari pihak luar.
  • Laporan arus kas adalah laporan yang berisi informasi keluar masuknya kas perusahaan pada periode akuntansi tertentu. Dari laporan ini para pemakai laporan keuangan dapat mengevaluasi aktiva bersih, struktur keuangan perusahaan, dan kemampuan perusahan dalam menghasilkan kas dimasa yang akan datang.



Pemakai Informasi Akuntansi


Dari sekian rangkaian kegiatan akuntansi maka akan menghasilkan informasi keuangan. Informasi keungan tersebut akan ditujukan kepada para pengguna yang berkepentingan. Berikut adalah beberapa pihak yang menggunakan informasi akuntansi, yaitu sebagai berikut :


1. Pemilik atau Investor

Informasi akuntansi digunakan oleh pemilik atau investor untuk membantu memutuskan membeli atau menjual investasinya dan menjadi masukan untuk menilai kinerja pihak manajemen dalam mengelola perusahaan.


2. Kreditur

Informasi akuntansi digunakan oleh kreditur untuk mempertimbangkan perusahaan dalam rangka kelayakan pemberian kredit dan syarat-sayarat yang akan dikenakan.


3. Pemasok

Informasi akuntansi digunakan oleh pemasok untuk melihat kemampuan perusahaan dalam membayar utang.


4. Pemerintah

Pemerintah memakai informasi akuntansi untuk membina perusahaan, menetapkan pajak, serta penyusunan statistik pendapatan nasional dan lainnya.


5. Masyarakat

Masyarakat menggukan informasi akuntansi untuk menilai perkembangan perusahaan dan aktivitasnya karena perusahaan telah memberikan kontribusinya dalam perekonomian nasiolnal.


6. Karyawan

Informasi akuntansi sangat diperlukan oleh karyawan untuk menilai  kemampuan perusahaan dalam memberikan kesejahteraan karyawan. Karyawan memerlukan informasi akuntansi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan.


7. Manajemen

Manajemen merupakan pihak intern perusahaan, manajemen memerlukan informasi akuntansi untuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan di dalam perusahaan karena manajemen mempunyai tanggung jawab yang utama kepada pemilik perusahaan mengenai kekayaan perusahaan.


Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian akuntansi, jenis-jenis laporan akuntansi, dan pemakai informasi akuntansi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar akuntansi. Sekian dan terima kasih…