Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan Serta Lima (5) Unsur Umum Laporan Keuangan

Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan Serta Lima (5) Unsur Umum Laporan Keuangan – Untuk melihat kinerja suatu perusahaan bisa di lihat melalui laporan keuangan yang disusun oleh manajemen perusahaan tersebut. Laporan keuangan merupakan informasi yang menyajikan kinerja keuangan suatu perusahaan. Laporan Keuangaan adalah hasil akhir dari proses akuntansi. Laporan keuangan ditujukan kepada pihak yang berkepentingan untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang bersifat ekonomi. Dari laporan keuangan ini, para pengguna dapat menilai kinerja setiap perusahaan mulai dari kondisi keuangan, keberhasilan perusahaan dalam pencapaian tujuan, dan rencana perusahaan dimasa yang akan datang.


Pengertian laporan keuangan adalah laporan akuntansi yang berisi informasi kinerja setiap perusahaan dalam periode akuntansi. Laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen merupakan bentuk pertanggungjawaban keuangan kepada pemilik kekayaan beserta pihak-pihak yang berkepentingan. Pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Jadi disini tidak perlu saya bahas lagi. Dalam menyusun laporan keuangan harus bersifat umum dan tidak memihak dan harus berpedoman dengan standar akuntansi.


Tujuan Laporan Keuangan

Ada beberapa tujuan dari pembutan laporan keuangan, yaitu sebagai berikut:

  1. Menyajikan informasi mengenai aset, utang, dan modal perusahaan.
  2. Menyajikan informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan selama periode akuntansi.
  3. Menyajikan informasi arus kas selama periode akuntansi.
  4. Menyajikan informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan serta menjadi bahan untuk menilai kinerja manajemen dalam mengelola perusahaan.
  5. Menyediakan catatan-catatan untuk membantu para pemakai laporan keuangan.
  6. Dan menyajikan informasi lain-lain mengenai perusahaan sesuai pihak-pihak yang membutuhkan.



Unsur-unsur Laporan Keuangan

Adapun beberapa unsur dari laporan keuangan. Laporan keuangan yang harus disusun oleh perusahaan secara umum yaitu terdiri sebagai berikut:


1. Laporan Laba Rugi 


Laporan laba rugi adalah laporan yang berisi seluruh pendapatan dan beban perusahaan selama periode akuntansi. Dari laporan laba rugi dapat diketahui apakah suatu perusahaan itu laba atau rugi dalam usahanya. Informasi yang disediakan dalam laporan keuangan sangat diperlukan oleh para investor dan kreditur untuk memprediksi arus kas perusahaan dimasa depan. Laporan Laba Rugi dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu single step dan multiple step.

Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan Serta Lima (5) Unsur Umum Laporan Keuangan

Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan Serta Lima (5) Unsur Umum Laporan Keuangan


2. Laporan Perubahan Modal


Laporan perubahan modal dibuat setelah laporan laba rugi, karena laba atau rugi harus dimasukan kedalam laporan perubahan modal. Laporan perubahan modal atau sering juga disebut laporan ekuitas pemilik adalah laporan yang barisi informasi mengenai perubahan modal atau ekuitas pemilik selama periode akuntansi. Laporan perubahan modal dipakai oleh pemilik usaha untuk mengetahui berapa besar kepemilikan terhadap usaha tersebut. Sangat jarang pihak luar menggunakan laporan perubahan modal ini untuk menganalisis suatu perusahaan perusahaan. Adapun unsur-unsur laporan perubahan modal, yaitu Modal awal, Laba/Rugi bersih, Setoran modal tambahan, Prive, dan Modal akhir

Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan Serta Lima (5) Unsur Umum Laporan Keuangan


3. Laporan Posisi Keuangan atau Neraca


Laporan posisi keuangan atau neraca adalah adalah bagian dari laporan keuangan yang berisi informasi mengenai Aktiva, Kewajiban, dan Ekuitas. Dari laporan posisi keuangan atau neraca ini dapat diketahui berapa besar kekayaan yang dimiliki perusahaan dan kewajiban perusahaan yang harus dipenuhi. Laporan posisi keuangan atau neraca memberikan informasi yang sangat berguana untuk menganalisis kekuatan keuangan suatu perusahaan. Cara yang dilakukan yaitu dengan membandingkan laporan posisi keuangan atau neraca dengan periode-periode sebelumnya. Unsur-unsur yang termuat dalam laporan posisi keuangan atau neraca, yaitu sebagai berikut: 


a. Aktiva
Aktiva atau sering disebut dengan aset adalah seluruh kekayaan yang dimiliki perusahaan yang harus dikendalikan untuk mendapat manfaat ekonomis dimasa yang akan datang. Aset dapat dikelompakan menjadi aktiva lancar, aktiva tetap, dan aktiva lain-lain.


b. Kewajiban
Kewajiban atau Utang atau liabilitas adalah seluruh kewajiban yang dimiliki oleh setiap perusahaan yang harus dipenuhi dimasa yang akan datang. Utang atau liabilitas dapat dikelompakan menjad tiga bagian yaitu, utang lancar, utang jangka panjang, dan utang lain-lain.


c. Ekuitas
Ekuitas atau modal adalah hak kepemilikan yang dimiliki dalam suatu perusahaan. Dari modal atau ekuitas ini dapat diketahui berapa besar kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan.

Laporan Perubahan Modal atau Neraca dapat disajikan dalam skontro (bentuk horizontal) dan staffel (bentuk vertikal/laporan).

Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan Serta Lima (5) Unsur Umum Laporan Keuangan

Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan Serta Lima (5) Unsur Umum Laporan Keuangan


4. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan yang berisi informasi menganai keluar masuknya kas selama periode akuntansi. Laporan arus kas bersumber dari laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan atau neraca. Laporan arus kas berguna untuk membantu manajemen atau pihak yang berkepentingan untuk menilai kinerja suatu perusahaan. Laporan arus kas sangat berarti bagi pihak yang terlibat dalam perusahaan, yaitu untuk membantu mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya, membantu mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk menyesuaikan diri saat terjadi keterpurukan ekonomi, dan untuk mengatui saldo kas suatu perusahaan di periode yang akan datang. Laporan arus kas dapat dikelompokan menjadi tiga aktivitas, yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pembiayaan.


5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan adalah bagian dari laporan keuangan yang tidak boleh terpisahkan. Catatan atas laporan keuangan berisi mengenai catatan-catatan keuangan kegiatan suatu perusahaan selama periode akuntansi.


Nah, Itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian dan Tujuan Laporan Keuangan Serta Lima (5) Unsur Umum Laporan Keuangan. Semoga ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kalian yang sedang belajar akuntansi. Sekian dan terima kasih...