Pengertian Pendapatan, Beban, Kewajiban dan Ekuitas

Pengertian Pendapatan, Beban, Kewajiban dan Ekuitas – Dalam pencatatan transaksi dalam jurnal setidaknya menggunakan nama kelompok perkiraan, pendapatan, beban, liabilitas dan ekuitas adalah nama kelompok perkiraan dalam akuntansi. Pendapatan dan beban merupakan dua nama kelompok perkiraan dalam akuntansi yang bisa kita jumpai dalam laporan keuangan yaitu pada Laporan Laba Rugi. Selisih antara pendapatan dengan beban akan menghasilkan laba atau rugi. Kewajiban dan ekuitas merupakan nama kelompok dalam laporan posisi keuangan. Pada halaman ini akan dibahas pengertian dari masing-masing nama kelompok.


Pengertian Pendapatan, Beban, Kewajiban dan Ekuitas


Pengertian Pendapatan


Dalam kehidupan sehari-hari banyak yang keliru mengatakan bahwa pendapatan dan penerimaan itu sama. Padahal pendapatan dan penerimaan sangatlah berbeda, tetapi adakalanya penerimaan disamakan dengan pendapatan. Apakah kalian sudah tahu perbedaan penerimaan dengan pendapatan? 


Dalam satu periode tertentu pendapatan dapat dikatakan sebagai bagian dari penerimaan dalam periode tersebut. Sedangkan dalam satu periode tertentu penerimaan belum tentu merupakan dari pendapatan pada periode tersebut. Pendapatan dapat dikatakan mempunyai cakupan yang lebih sempit, sedangkan penerimaan dapat dikatakan mempunyai cakupan yang sangat luas.


Jadi, pengertian pendapatan adalah adanya arus kas masuk yang dapat menambah aset bisnis yang akan digunakan untuk mendanai kegiatan bisnis tersebut. Sumber pendapatan suatu bisnis biasanya dari:
  1. Pendapatan jasa, pendapatan ini berasal perusahaan yang berbentuk jasa.
  2. Pendapatan dari penjualan, pendapatan ini berasal dari jenis usaha yaitu perusahaan dagang.
  3. Pendapatan dari bunga, jenis pendapatan yang berasal dari perusahaan perbankan atau lembaga keungaan lainnya.
  4. Pendapatan premi, suatu jenis pendapatan yang dimana jenis usahanya berasal dari perusahaan asuransi.



Pengertian Beban


Sama halnya dengan pendapatan, beban juga sering disamakan dengan biaya, padahal keduanya itu berbeda. Dalam akuntansi beban dan biaya sangat berbeda. Apakah kalian tahu apa perbedaan beban dengan biaya?


Beban (Ekspenses) adalah pengeluaran kas yang sudah digunakan untuk menjalakan aktivitas ekonomi dan tidak akan memberikan masa manfaat dimasa yang akan datang. Periode beban yaitu kurang dari satu tahun. Beberapa yang digolongkan sebagai beban yaitu, Beban Pokok Penjualan, Beban Penjualan, dan Beban Administrasi.


Sedangkan Biaya (Cost) adalah kas yang dikeluarkan untuk mendanai aktivitas ekonomi dan dimasa depan akan memberikan manfaat. Kas yang dikeluarkan dalam satu periode akuntansi, biaya masa ekonominya sudah terjadi atau belum terjadi. Beberapa yang digolongkan sebagai biaya yaitu, Sewa Dibayar dimuka dan Asuransi Dibayar dimuka


Pengertian Kewajiban


Kewajiban atau sering juga disebut dengan liabilitas adalah utang perusahaan yang harus dilunasi kepada pihak lain dimasa yang akan datang. Liabilitas atau kewajiban adalah sesuatau yang dipercayakan untuk dikendalikan , digunakan, dan dioperasikan, tetapi tidak dalam kapasitas sebagai pemilik. Liabilitas atau kewajiban bisa berbentuk uang, barang, dan lain-lain.


Pada umumnya kewajiban dapat dibedakan menjadi dua subkategori, yaitu kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang.


Kewajiban lancar atau yang sering disebut juga dengan kewajiban jangka pendek merupakan utang yang memiliki batas waktu kurang dari satu tahun yang harus dilunasi kepada pihak lain. Hutang jangka panjang yang jatuh temponya dalam satu tahun juga bisa dikategorikan sebagai kewajiban lancar. Beberapan contoh kewajiban lancar yaitu, utang usaha, utang gaji, utang pajak, pendapatan diterima dimuka, wesel jangka pendek, biaya yang masih harus dibayar, hutang jangka panjang yang jatuh tempo, dan hutang lainnya.


Kewajiban jangka panjang merupakan utang kepada pihak lain yang mempunyai batas waktu lebih dari satu tahun. Utang ini bisa berasal dari badan usaha, perorangan, dan pemerintah. Yang digolongkan sebagai kewajiban jangka panjang adalah pinjaman dari pihak lain yang disepakati akan dibayar  lebih dari satu tahun, pembiayaan aset tetap baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, dan lainnya. Dalam laporan keuangan kewajiban dapat dilihat pada Laporan Posisi Keuangan atau Neraca. 


Pengertian Modal


Modal atau yang sering disebut dalam akuntansi sebagi ekuitas adalah hak kepemilikan yang dimiliki oleh seseorang atas bisnis yang dijalankannya. Dari ekuitas dapat diketahui berapa besar kepemilikannya terhadap bisnis tersebut. Yang dikategorikan sebagai modal atau ekuitas yaitu, modal yang disetor, saham, prive, laba ditahan dan dividen.


Modal dapat dilihat pada laporan keungan yaitu pada Laporan Posisi Keuangan atau Neraca pada posisi Pasiva.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai pengertian pendapatan, beban, kewajiban, dan ekuitas. Semoga penjelasan pada halaman ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kamu yang sedang belajar akuntansi kita semua. Sekian dan terima kasih...