9 Pengertian Auditing Menurut Para Ahli

9 Pengertian Auditing Menurut Para Ahli – Laporan keuangan yang sudah dilakukan pemeriksaan atau audit akan mempunyai nilai tambahan dan bisa dipercaya oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Audit dilakukan oleh pihak yang independen, artinya audit dilakukan oleh orang yang berkompeten, tidak memihak, dan objektif.

Pihak independen yang melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan disebut dengan auditor. Di akhir pemeriksaan auditor akan memberikan pendapat atau opini terhadap kewajaran laporan keuangan. 



Pengertian Auditing Menurut Para Ahli


1. Pengertian audit menurut Konrath (2002: 5) 

Auditing merupakan suatu proses sistematis untuk secara objektif mendapatkan dan mengevaluasi bukti mengenai asersi tentang kegiatan-kegiatan dan kejadian-kejadian ekonomi untuk meyakinkan tingkat keterkaitan antara asersi tersebut dan kriteria yang telah ditetapkan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

2. Pengertian auditing menurut Rahayu dan Suhayati (2010: 1)

Auditing adalah suatu proses sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai informasi tingkat kesesuaian antara tindakan atau peristiwa ekonomi dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta melaporkan hasilnya kepada pihak yang membutuhkan, dimana auditing harus dilakukan oleh orang yang kompeten dan independen.

3. Pengertian auditing menurut Sukrisno Agoes (2012: 4)

Auditing adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis, oleh pihak yang independen, terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen, beserta catatan-catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukungnya, dengan tujuan untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut.

4. Pengertian auditing menurut Mulyadi (2002)

Suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan-pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.

5. Pengertian auditing menurut A. Arens, Mark S. Beasley dan Randal J. Elder (2011: 4)

Auditing is the accumulation and evaluation of evidence about information to determine and report on the degree of correspondence between the information and established criteria. Auditing should be done by a competent, independen person.

6. Pengertian auditing menurut Whittington, O. Ray dan Kurt Panny (2012: 4)

Auditing is an examination of a company’s financial statements by a firm of independent public accountants. The audit consists of a searching investigation of the accounting records and other evidence supporting those financial statements. By obtaining an understanding of the company’s internal control, and by inspecting documents, observing of assets, making enquires within and outside the company, and performing other auditing procedures, the auditors will gather the evidence necessary to determine whether the financial statements provide a fair and reasonably complete picture of the company’s financial position and its activities during the period being audited

7. Pengertian auditing menurut PSAK - Tim Sukses UKT Akuntansi 2006

Suatu proses sistematik yang bertujuan untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti yang dikumpulkan atas pernyataan atau asersi tentang aksi-aksi ekonomi dan kejadian-kejadian dan melihat bagaimana tingkat hubungan antara pernyataan atau asersi dengan kenyataan dan menkomunikasikan hasilnya kepada yamg berkepentingan.

8. Pengertian auditing menurut The American Accounting Association’s Committee on Basic Auditing Concepts (Auditing: Theory And Practice, edisi 9, 2001:1-2)

Suatu proses yang sistematis untuk memperoleh & mengevaluasi bukti secara obyektif mengenai pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi dengan tujuan umtuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan serta menyampaikan hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.

9. Pengertian auditing menurut ASOBAC (A Statement of Basic Auditing Concepts)

Proses sistematik untuk memperoleh & mengevaluasi bukti-bukti secara obyektif mengenai pernyataan tentang kejadian & tindakan ekonomi untuk menentukan tingkat kesesuaian antara pernyataan tersebut dengan kriteria yang ditetapkan dan untuk menyampaikan hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.


Itulah 9 Pengertian Auditing Menurut Para Ahli. Semoga pengertian audit tersebut bisa bermanfaat dan bisa menambah referensi untuk belajar. Sekian dan terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana akuntancilik.com jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog sederhana ini.