Pengertiaan Aset Serta Penjelasannya Lengkap

Pengertiaan Aset Serta Penjelasan Lengkap - Aset atau sering disebut juga aktiva adalah harta kekayaan perusahaan yang digunakan untuk mendanai segala oprasional perusahaan supaya tercapainya tujuan perusahaan yang salah satunya adalah laba atau keuntungan. Di dalam neraca, aset disajikan di posisi sebelah kiri dan aset disusun berdasarkan tingkat likuiditasnya, mulai dari yang likuid sampai yang tidak likuid. Nilai aset menjadi dasar pengukuran prestasi keuangan perusahaan, maka manajemen harus teliti dalam membaca aset perusahaan pada neraca. Tujuan tersebut adalah suapaya manajemen mudah dalam mengambil keputusan terhadap perusahaan yang dikelolanya yang berkaitan dengan aset.


Komponen-komponen aset sangat banyak, misalnya kas, piutang, tanah, persediaan, kendaraan, peralatan, hak cipta, dan lainnya. Maka supaya lebih mudah dalam menganalisisnya, aset dapat dikelompokan menjadi beberapa kategori atau beberapa jenis, yaitu aset lancar, aset tetap, aset tak berwujud, dan aset lainnya. Supaya lebih paham maka pada halaman ini akan sedikit dijelaskan dari masing-masing kategori atau jenis aset tersbut.


Jenis-jenis Aset

1. Aset Lancar


Aset Lancar (Aktiva Lancar) adalah harta kekayaan perusahaan yang dapat digunakan tidak lebih dari satu tahun. Aset lancar ini sifatnya sangat likuid, artinya harta kekayaan perusahaan yang paling cepat di konversikan menjadi kas. Informasi aset lancar pada neraca digunakan oleh manajemen untuk memelihara tingkat likuiditas perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh aset lancar yang digunakan dalam pencatatan transaksi pada perusahaan. 


Kas

Kas adalah bagian dari aset lancar yang sangat likuid yang meliputi uang kertas atau uang logam dan benda lainnya yang berfungsi sebagai alat tukar yang sah. Yang dapat digolongkan sebagai kas yaitu, uang tunai, cek, wesel post, dan uang perusahaan yang disimpan di bank.


Piutang

Piutang adalah aset lancar yang timbul akibat dari penjualan secara kredit. Selain dari penjualan, piutang timbul akibat perusahaan memberi pinjaman sejumlah transaksi uang kepada pihak lain. Transaksi piutang melibatkan dua pihak, yaitu pihak kreidur dan pihak debitur. Kreditur adalah pihak yang memberkan pinjaman ke pihak lain, sedangkan debitur adalah pihak yang menerima pinjaman dari kreditur. Piutang dapat kelompokkan menjadi usaha/dagang, piutang wesel, dan piutang lainnya.


Persediaan

Persediaan adalah aset lancar perusahaan yang berupa barang-barang dengan maksud untuk dijula atau barang yang akan mengalami proses pruduksi oleh suatu perusahaan. Pada umumnya, persediaan merupakan salah satu jenis aktiva lancar yang jumlahnya cukup besar dalam suatu perusahaan karena persediaan merupakan faktor penting dalam menentukan kelancaran operasi perusahaan. Jenis persediaan pada perusahaan tergantung dari jenis perusahaan tersebut, persediaan setiap perusahaan tidaklah sama. Perusahaan property misalnya, perusahaan ini menganggap rumah atau gedung sebagai persediaan yang untuk dijual, tetapi bagi perusahaan lain rumah dianggap sebagai aset tetap.


Biaya dibayar dimuka

Beban dibayar dimuka adalah biaya yang belum menjadi kewajiban perusahaan pada periode akuntansi tersebut, tetapi perusahaan sudah membayarnya terlebih dahulu. Biaya ini juga disebut dengan uang muka. Jenis-jenis biaya dibayar dimuka adalah biaya sewa dibayar dimuka, biaya asuransi dibayar dimuka, biaya gaji dibayar dimuka, biaya bunga dibayar dimuka, ajak penghasilan (PPh) dibayar dimuka, dan pajak pertambahan nilai (PPN) dibayar dimuka



2. Aset Tetap


Aset Tetap (Aktiva tetap) adalah harta kekayaan yang dimiliki perusahaan yang dapat digunakan lebih dari satu tahun, aset tetap adalah aset berwujud yang sifat digunakan untuk jangka panjang. Berikut adalah beberapa contoh aset tetap.

Sifat atau ciri-ciri aset tetap adalah:
  • Tujuan pembeliannya bukan untuk diperjual belikan tetapi digunakan untuk kegiatan oprasional perusahaan.
  • Masa manfaat yang dimiliki lebih dari satu tahun. Karena masa manfaat aset tetap lebih dari satu tahun maka harus diperlukannya penyusutan.


Tanah

Tanah adalah aset tetap yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk kegitan operasi perusahaan. Tanah tidak mengalami penurunan nilai, tetapi mengalami kenaikan nilai setiap waktu. Nilai suatu tanah berasal dari harga dari tanah tersebut, biaya balik nama, dan biaya membagi-bagi atau mempetak-petakkan tanah tersebut.


Gedung

Gedung adalah aset tetap yang dimiliki perusahaan berupa bangunan. Bangunan ini digunakan perusahaan sebagai tempat untuk kegiatan operasi perusahaan. Gedung bisa di ketegorikan sebagai aset tetap dan bisa juga di kategorikan sebagai persediaan, tergantung dari jenis perusahaan itu sendiri. Gedung akan disusutkan dalam masa manfaatnya. Bangunan ini bisa berupa took, ruko, gudang, dan lainnya.


Peralatan

Peralatan adalah aset yang dimiliki perusahaan dalam bentuk alat yang yang mempunyai fungsi sebagai pendukung kegiatan operasi perusahaan. Perbedaan peralatan dengan perlengkapan adalah dari masa manfaatnya. Peralatan mempunyai masa manfaat yang lebih lama, sedangkan perlengkapan masa manfaatnya sangat sebentar dan mudah habis. Yang di kategorikan sebagai peralatan adalah peralatan kantor, komputer, perabotan, mesin, dan lainnya.


Kendaraan

Kendaraan adalah aset yang dimiliki oleh perusahaan sebagai alat transportasi yang digunakan untuk mendukung kieiatan operasional perusahaan. Kendaraan akan disusutkan sesuai dengan masa manfaatnya. Yang digolongkan sebagai kendaraan adalah mobil, sepeda motor, dan kendaraan lainnya.



3. Aset Tak Berwujud


Aset tak berwujud adalah aset yang dimiliki perusahaan yang bisa diidientifikasi tetapi tidak bisa dilihat bentuk fisiknya. Aset tak berwujud diakui sebesar harga perolehannya dan di laporkan sebesar nilai tercatatnya. Sesuatu yang bisa dianggap sebagai aset tak berwujud apabila memberikan keuntungan dimasa yang akan datang pada perusahaan serta biaya perolehannya bisa diukur dengan handal. Aset tak berwujud mempunyai umur lebih dari satu tahun dan dapat diamortisasi selama periode pemanfaatannya.


Hak Paten

Hak yang dimiliki akibat penemuan, dari hasil penemuan ini akan bisa memberikan manfaat ekonomi dimasa yang datang kepada penemunya. Misalnya penemuan dibidang teknologi.


Hak Cipta

Hak cipta adalah hak kekayaan yang intelektual, yang merupakan hak eksklusif yang mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan tertentu. Hak cipta berlaku pada semua jenis ciptaan, misalnya pusisi, lagu, film, lukisan, dan lainnya.


Merek Dagang

Merek dagang adalah simbol yang mempunyai arti yang diasosiasikan dengan produk atau jasa. misalnya logo serta simbol-sombol lainnya yang mewakili organisasi tertentu.


Goodwill

Goodwill adalah aset perusahaan yang timbul dari kelebihan atas pembayaran aktiva dibandingkan nilai pasar. Goodwill bisa juga diartikan kelebihan pembayaran aktiva dibandingkan dengan nilai buku ketika suatu perusahaan untuk mendapatkan perusahaan lain. Goodwill akan di amortisasi sesuai dengan masa manfaatnya.


Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian aset serta penjelasannya, semoga penjelasan pada halaman ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar ilmu akuntansi. Sekian dan terima kasih…