Unsur-unsur Pencatatan Akuntansi Dan Persamaan Dasar Akuntansi

Unsur-unsur Pencatatan Akuntansi Dan Persamaan Dasar Akuntansi – Sumber ekonomi harus dimiliki oleh perusahaan dalam melakukan usahanya. Uang tunai, barang, peralatan atau gedung adalah wujud dari sumber ekonomi. Sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Perubahan sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan beserta hasil usaha yang diperoleh dari sumber ekonomi perlu dicatat. 


Dalam akuntansi, harta atau aktiva adalah sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan. Harta atau aktiva tersebut tentu ada yang meyetorkan didalam perusahaan. Hak kepemilikan atas harta atau aktiva tersebut dimiliki oleh pihak yang meyetorkannya. Dalam akuntansi, pasiva adalah hak kepemilikan atas aktiva atau sumber kekayaan perusahaan. Sementara modal atau ekuitas adalah besaran hak kepemilikan aktiva yang disetor oleh pemilik. Penyetor aktiva ke dalam perusahaan ada dua yaitu pemilik perusahaan dan pihak luar. Pihak luar yang menyetor hak kepemilikan atas aktiva perusahaan disebut utang atau liabilities.


Unsur Pencatatan Akuntansi


Aktiva

Aktiva atau aset atau harta adalah harta yang dimiliki perusahaan atau sumber ekonomi perusahaan untuk melakasanakan kegiatan usaha serta akan memberikan manfaat di masa yang akan datang. Aset dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu aset lancar dan aset tetap. Contoh dari aktiva adalah kas, piutang, perlengkapan, peralatan, tanah, gedung, dan kendaraan.


Kewajiban

Kewajiban atau utang adalah kewajiban yang timbul dari aktivitas perusahaan dimasa lalu yang harus dipenuhi. Kewajiban merupakan sesuatu yang dpercayakan untuk dikendalikan, digunakan, dan dioperasikan, tetapi bukan dalam kapasitas sebagai pemilik. Banyak yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam memperoleh kewajiban dari pihak luar, bisa jadi kewajiban yang diberikan oleh pihak luar berasal dari tindakan yang melanggar hukum. Kewajiban dapat dikelompokan menjadi dua kategori, yaitu kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang.  Contohnya adalah utang gaji, utang bunga, utang usaha.


Ekuitas atau Modal

Ekuitas atau modal adalah besarnya aset pemilik didalam perusahaan. Pemilik dan nilai aset yang disetor oleh pemilik dapat diketahui dari ekuitas tersebut. Contoh ekuitas adalah modal disetor, saham, laba ditaha, dividen.


Pendapatan

Pendapatan adalah semua hasil yang diperoleh oleh perusahaan dalam melakukan usahanya bukan karena adanya penambahan modal oleh pemilik. Pendapatan bisa mengakibatkan penambahan aset. Penentuan pendapatan dalam akuntansi tergantung pada jenis usaha perusahaan. Pendapatan dan penerimaan ada kalanya sering disamakan, padahal keduanya sangat berbeda. Pendapatan dapat dipastikan sebagai bagian dari penerimaan, sedangkan penerimaan belum tentu merupakan pendapatan. Contoh pendapatan, yaitu pendapatan sewa, pendapatan jasa, pendapatan bunga, dan penjualan.


Beban atau Biaya

Dalam akuntansi, beban dan biaya sangat berbeda. Namun dalam kehidupan sehari-hari keduanya sering disamakan. Beban adalah pengeluaran atau pemakaian aktiva yang masa manfaatnya sudah habis, sedangkan biaya adalah pengeluaran atau pemakaian aktiva yang belum habis masa manfaatnya. Biaya yang masa manfaatnya sudah habis juga disebut sebagai beban. Contoh beban, yaitu beban pokok penjualan, beban penjualan, beban sewa, beban gaji, beban listrik, dan lain-lain.


Prive

Prive adalah pengambilan aktiva oleh pemilik untuk keperluan pribadi. Prive adalah transaksi pada perusahaan perseorangan dan firma, karena pemilik perusahaan merangkap sebagai pemimpin perusahaan. Prive tidak dikategorikan sebagai beban walau sifatnya mengurangi aktiva, karena prive sebagai pembentuk modal.


Semua unsur-unsur akuntansi diatas akan diproses sehingga menghasilkan informasi keuangan yaitu laporan keuangan dan informasi lainnya, sehingga dapat dipergunakan oleh pihak internal perusahaan dan pihak luar yang berkepentingan dengan perusahaan.


Persamaan Dasar Akuntansi


Persamaan akuntansi merupakan hubungan antara aktiva, utang dan modal. Berdasarkan konsep kesatuan usaha, perlu diadakannya pemisahan antara aktiva yang dimiliki perusahaan dengan aktiva yang dimiliki pribadi pemiliknya karena aktiva atau kekayaan perusahaan bias berasal dari modal atau pemilik perusahaan atau bisa berasal dari utang. Persamaan akuntansi dapat dinyatakan dalam suatu persamaan matematis. Untuk menganalisis transaksi dalam suatu perusahaan, persamaan akuntansi dapat dijadikan pedoman supaya bisa dicatat pada unsur-unsur pencatatan akuntansi.


Persamaan Akuntansi 1

Pada persamaan yang pertama adalah ketika ada setoran aktiva pada saat perusaan pertama berdiri, aktiva bisa berasal dari pemilik perusahaan atau orang lain.

Unsur-unsur Pencatatan Akuntansi Dan Persamaan Dasar Akuntansi


Persamaan Akuntansi 2

Persamaan akuntansi yang kedua adalah pasiva dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berasal dari orang lain atau pihak luar (Kewajiban) dan pemilik perusahaan (Ekuitas).

Unsur-unsur Pencatatan Akuntansi Dan Persamaan Dasar Akuntansi


Persamaan Akuntansi 3

Pada persamaan akuntansi yang ke tiga adalah ketika tujuan perusahaan mencari laba selama periode tertentu.

Unsur-unsur Pencatatan Akuntansi Dan Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Akuntansi 4

Persamaan akuntansi yang ke empat yaitu karena tujuan perusahaan mencari laba maka perusahaan harus memperoleh pendapatan, ketika memperoleh pendapatan pasti ada beban yang dikeluarkan atau pengorbanan atas aktiva. Prive atau penarikan dana sendiri oleh pemilik perusahaan untuk keperluan pribadi akan dijumpai pada perusahaan perseorangan atau firma.

Unsur-unsur Pencatatan Akuntansi Dan Persamaan Dasar Akuntansi


Persamaan Akuntansi 5

Persamaan akuntansi yang terakhir adalah penggabungan semua unsur-unsur (pendapatan, beban, dan prive) tersebut diakhir periode, karena unsur-unsur tersebut adalah pendukung dari ekuitas atau modal.

Unsur-unsur Pencatatan Akuntansi Dan Persamaan Dasar Akuntansi


Transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan dapat dianalisis dengan menggunakan persamaan dasar akuntansi, serta pencatatan transaksi bisa dicatat dengan sistem pembukuan perpasangan. Demikianlah sedikit penjelasan mengenai Unsur-unsur Pencatatan Akuntansi Dan Persamaan Dasar Akuntansi, semoga penjelasan dihalaman ini bisa bermanfaat.