3 Masalah Pokok Ekonomi (What, How, For Whom)

3 Masalah Pokok Ekonomi (What, How, For Whom) –  Pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang 3 masalah pokok ekonomi yang sering di alami. Apa saja sih masalah pokok ekonomi tersebut? Bagaimana cara menyelesaikan masalah pokok ekonomi tersebut? Nah, supaya lebih jelas perhataikan penjelasan berikut ini.

Organisasi ekonomi adalah sebuah badan usaha yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Sebelum melakukan kegiatan ekonomi setiap organisasi ekonomi pasti menyusun subuah rencana kegiatan yang akan dilakukan. Tujuan dari penyusunan rencana tersebut adalah agar semua kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar dan tercapailah tujuan dari organisasi ekonomi tersebut. Dalam penyusunan rencana kadang tidak berjalan dengan lancar, dalam banyak praktik setiap organisasi ekonomi dalam perencanaan produksi akan menghadapi tiga permasalahan pokok. Tiga permasalahan tersebut akan kita bahas disini. Permasalahan pokok ekonomi lebih banyak ditentukan oleh sistem ekonomi yang dianut oleh organisasi ekonomi yang bersangkutan.


Masalah Pokok Ekonomi


Ada beberapa permalahan pokok ekonomi yang dihadapi oleh organisasi ekonomi dalam perencanaan produksi. Permasalahan pokok ekonomi tersubut yaitu what, how, dan for whom.


Apa (What)

Barang apa dan berapa yang harus diproduksi? Permasalahan ini mengacu pada jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi oleh suatu perekonomian tersebut. Supaya permasalahan tersubut terpecahkan, setiap produsen harus melakuakan sebuah analisis, analisis tesebut adalah analisis pasar untuk menentukan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.


Bagaimana (How)

Permasalahn ini mengacu pada pertanyaan bagaimana. Bagaimana barang atau jasa harus diproduksi? Pertanyaan ini mengacu pada siapa dan teknik seperti apa yang akan digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa. Untuk menyelesaikan permasalah tersebut setiap produsen harus menentukan teknik produksi, pembagian kerja, dan cara memperoleh komoditas supaya berjasan efisien.


Untuk Siapa (For Whom)

Pertanyaan untuk siapa. Untuk siapa barang atau jasa harus produksi? Pertanyaan ini mengacu kepada pihak yang akan menggunakan barang atau jasa tersebut serta cara untuk mendistribusikannya. Untuk menyelesaikan permasalahan ini pihak produsen harus melakukan analis lapangan untuk menentukan konsumen yang akan menggunakan barang dan jasa yang diproduksi.


Pada masyarakat yang kebudayaannya masih sederhana, norma serta adat dan tradisi yang akan mewarnai dan prilaku ekonomi masyarakat tersebut. Jadi ketiga permasalahan itu akan diselesaikan dengan kebiasaan adat masyarakat tersebut yang berlaku secara turun temurun.

Jika pada masyarakat yang tingkat pendidikan dan teknologinya yang sudah maju. Produksi akan barang dan jasa akan sangat diperhitungkan sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang sudah direncanakan. Jumlah dan jenis barang  yang disencanakan akan mengikuti pedoman yang telah diperhiungkan sebelumnya. Jikan teknologinya yang sudah maju, ketiga permasalah tersebut sangat mudah dijawab.

Pada masyarakat yang demokratis, dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian ketiga permasalah pokok ekonomi tersebut akan diselesaikan dengan musyawarah. Lain halnya dengan masyarakat yang berda di dalam kekuasaan otoriter. Pengambilan keputusan dan penyelesaian ketiga permasalahn pokok ekonomi tersebut akan di tentukan oleh pemimpin atau sekelompok orang yang berkuasa.

Tiga permasalahan pokok ekonomi tersebut sangat umum terjadi pada setiap perekonomian, namun setiap sistem ekonomi mempunyai cara tersendiri untuk menyelesaikan permasalahan tesebut. Tiga permasalahan tersebut tidak akan menjadi masalah dalam perkonomian jika hal-hal berikut ini terpenuhi. Berikut adalah hal-hal yang dimaksud, yaitu sebagai berikut:
  • Tidak terbatasnya jumlah sumber daya ekonomi yang tersedia.
  • Dengan mudah memproduksi dan mendistibusikan barang dan jasa kepada setiap orang.
  • Terpenuhinya semua kebutuhan manusia.
  • Barang dan jasa bisa diperoleh dengan mudah.
  • Setiap orang sudah mendapatkan barang dan jasa secara merata untuk kebutuhan yang cukup lama.


Jika semua itu terjadi dalam kehidupan manusia, maka benda yang akan kita jumpai menjadi benda bebas. Benda yang sangat mudah kita dapatkan tanpa usaha yang keras. Demikianlah penjelasan tentan 3 masalah pokok ekonomi. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian.