Pengertian Internal Control Questionnaires (ICQ), Flow Chart, dan Narrative Dalam Audit

Pengertian Internal Control Questionnaires (ICQ), Flow Chart, dan Narrative Dalam Audit – Pada kesempatan ini akuntancilik.com akan sedikit membahas mengenai ICQ, flow chart, dan narrative. Ketiga tersebut merupakan cara yang dilakukan oleh auditor untuk memahami dan mengevaluasi pengendalian intern. Apa itu pengendalian intern? Apa pengertian pengendalian intern? 

Menurut IAPI (2011: 319.2) pengertian pengendalian intern adalah suatu proses yang dijalankan oleh dewan komisaris, manajemen dan personel lain entitas yang didesain untuk memberikan keyakinan memadai tentang pencapaian tiga golongan tujuan berikut ini: (a) keandalan pelaporan keuangan, (b) efektivitas dan efesiensi operasi, dan (c) kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.


Itulah pengertian dari pengendalian intern, nah kembali lagi pada pembahasan kita yaitu ICQ, flow chart, dan narrative. Untuk merancanakan audit, auditor harus mendokumentasikan pemahamannya tentang komponen pengendalian interna entitas yang diperoleh. Ada tiga dokumentasi yang digunakan oleh auditor untul memahami tentang pengendalian intern entitas yang besar dan komplek, yaitu internal control questinnaires, flow chart, narrative. 


Internal Control Questionnaires (ICQ)

Pengertian internal control questionnaires adalah pertanyaan-pertanyaan yang digunakan oleh kantor akuntan publik untuk mengevaluasi dan memahami pengendalian intern suatu perusahaan yang sedang diperiksa. Cara ini dianggap sederhana dan praktis, klien hanya diminta untuk menjawab YA (Y), TIDAK (T), TIDAK RELEVAN (TR) dari pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan oleh kantor akuntan publik (KAP). Jawaban YA artinya internal control yang baik, jawaban TIDAK artinya internal control yang lemah, jawaban TIDAK RELEVAN artinya pertanyaan yang diajukan oleh kantor akuntan publik kepada perusahaan tersebut tidak relevan. 


Flow Chart

Pengertian flow chart adalah suatu bagan berisi simbol-simbol tertentu yang menggambarkan sistem dan prosedur tertentu beserta hubungan antara proses satu dengan proses yang lainnya. ada lima jenis flow chart, yaitu 
  • flow chart sistem
  • flow chart dokumen
  • flow chart skematik
  • flow chart program
  • flow chart proses

Dalam audit, flow chart digunakan oleh auditor untuk menilai dan mengevaluasi pengendalian intern suatu perusahaan. Dengan menggunakan flow chart, auditor lebih mudah untuk mengetahui kelemahan dan kebaikan dari suatu sistem dan prosedur yang digunakan oleh suatu perusahaan.


Narrative

Pengertian narrative dalam audit adalah penjelasan-penjelasan tertulis yang dibuat auditor tentang sistem dan prosedur dari suatu perusahaan. Penjelasan ini biasanya dibuat dalam bentuk memo, auditor menjelaskan pengendalian intern yang belaku pada perusahaan dengan memo tersebut. Narrative digunakan untuk memahami dan mengevaluasi pengendalian intern perusahaan yang pembukuannta sederhana.


Pemahaman dan evaluasi atas pengendalian intern merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pemeriksaan oleh akuntan publik. Baik atau buruk suatu pengendalian intern sangat berpengaruh terhadap kemamanan harta perusahaan, dapat dipercaya atau tidak laporan keuangan perusahan, dan lainnya. Nah, itulah penjelasan tentang pengertian Pengertian Internal Control Questionnaires (ICQ), Flow Chart, dan Narrative Dalam Audit. Semoga penjelasan pada halaman ini bisa bermanfaat dan bisa menambah referensi.