Permasalahan Manusia di Bidang Ekonomi: Kebutuhan manusia

Kebutuhan manusia – Pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang kebutuhan manusia. Apa sajakah yang menjadi kebutuhan manusia? Bagaimana cara memenuhi kebutah manusia? Supaya lebih jelas perhatikan penjelasan berikut ini.

Di zaman yang semakin berkembang ini semakin berkembang juga dengan kegiatan ekonomi. Kenapa keegiatan ekonomi di zaman ini semakin berkembang? Kebutuhan manusia yang semakin komplek dan ketidakseimbangan alat pemuas kebutuhan mengakibatkan terjadinya kegiatan ekonomi. Kebutuhan manusia sangat tidak terbatas. Semakin berkembangnya pengetauhuan manusia dan semakin bertambahnya umur manusia akan mengakibatkan berkembangnya kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia berbeda-beda antara manusia satu dengan yang lainnya. Ketika masih bayi kamu tidak membutuhkan pena tetapi ketika kamu beranjak sekolah akan membutuhkan pena untuk menulis. Kebutuhan bayi akan berbeda dengan kebutuhan orang dewasa.



Kebutuhan menurut Intensitas atau Tingkatan


a. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan. Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok manusia. Semua orang mempunyai kebutuhan primer, karena demi kelangsungan hidup kebutuhan primer harus dipenuhi. Orang desa, orang kota, orang miskin, orang kaya, orang berpendidikan dan orang tidak berpendikan pun mempunyai kebutuhan primer.


b. Kebutuhan Sekunder
Setelah terpenuhinya kebutuhan primer maka akan timbul kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan manusia. Kebutuhan sekunder hanya pendukung kebutuhan manusia, walaupun tidak terpenuhinya kebutuhan sekunder kehidupan manusia tidak akan terganggu. Kebutuhan sekunder misalnya radio dan televise. Kebutuhan sekunder bisa ditunda apabila kebutuhan primer belum terpenuhi.


c. Kebutuhan Tersier
Memenuhi kepuasan dalam hidup adalah kodrat manusia. Setelah terpenuhi kebutuhan primer dan sekunder maka akan timbulah kebutuhan yang lain, yaitu kebutahan akan barang-barang mewah. Kebutuhan ini sering disebut dengan kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier atau kebutuhan barang mewah misalnya mobil mewah.

Pengklasifikasian kebutuhan seseorang tergantung dari tinggi rendahnya penghasilan orang tersebut. Suatu barang mungkin dianggap sebagai kebutuhan sekunder bagi orang tersebut, namun bagi orang lain lain barang tersebut dianggap sebagai barang tersier. Kita ambil saja contoh televisi, orang yang berpenghasilan rendah akan menganggap televisi sebagai barang tersier, namun bagi orang yang berpenghasilan tinggi akan menganggap televisi sebagai barang sekunder. Jadi, bagi setiap orang sangat perbeda-beda dalam pengempokan barang sekunder dan tersier.


Kebuhan menurut Subjeknya


a. Kebutuhan Individu
Mendengar kata individu pasti kalian sudah paham apa itu individu. Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang hanya bisa dirasakan oleh orang secara pribadi dan cara pemenuhannya dilakukan secara pribadi atau individu. Contoh kebutuhan individu sangat beragam tergantung dari orang yang membutuhkannya. Kebutuhan individu misalnya kebutuhan cangkul bagi petani.


b. Kebutuhan Kelompok
Mendengar kata kelompok langsung timbul dalam pikiran yaitu tentang orang banyak. Definisi dari kebutuhan kelompok yaitu kebutuhan yang dirasakan dan pemenuhannya dilakukan oleh banyak orang dan bersama-sama. Contoh kebutuhan kelompok sangat beragam jenisnya. Contoh yang paling gampang adalah pendidikan, pendidikan sangat diperlukan dan dirasakan oleh orang banyak.


Kebutuhan menurut Waktunya


a. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang sifatnya tidak dapat ditunda. Ketika dirasakan pemenuhannya, kebutuhan ini harus segera dipenuhi. Contohnya adalah kebutuhan akan minum ketika orang merasakan haus.


b. Kebutuhan yang Akan Datang
kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang mulai dipersiapkan mulai hari ini untuk keperluan dimasa depan. Kebutuhan ini tidak mesti dilakukan pada saat kebutuhan tersebut dirasakan. Kebutuhan ini sifatnya bisa ditunda. Contohnya adalah orang akan menabung untuk persipan dimasa tuanya.


Dari penjeasan diatas dapat kita simpulkan yaitu kebutuhan manusia sangat tidak ada batasnya. Beberapa faktor yang mempempengaruhi ketidakterbatasnya kebutuhan manusia, yaitu jumlah penduduk yang semakin bertambah, ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang, lingkungan pergaulan yang semakin luas, dan kebutuhan manusia yang semakin maju.


Kebutuhan menurut Sifatnya


a. Kebutuhan Jasmani
Jasmani adalah badan, jadi kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang bisa dirasakan oleh badan manusia. Kebutuhan jasmani bisa memberikan pengaruh terhadap manusia. Kebutuhan jasmani misalnya makan, beolahraga dan lainnya. Manusia akan makan jika perutnya merasakan lapar, setelah makan manusia akan merasakan kenyang. Supaya tubuh terlihat sehat dan bugar maka manusia akan berolah raga. Makan dan berolahraga adalah salah satu contoh dari kebutuhan jasmani.


b. Kebutuhan Rohani
Rohani adalah jiwa, jadi kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang bisa dirasakan dan memberikan pengaruh terhadap jiwa manusia. Kebutuhan rohani sifatnya tidak berwujud. Kebutuhan rohani misalnya berwisata untuk menghilangkan tegang pikiran akibat pekerjaan. Selain itu kebutuahan rohani yaitu agama, kebutuhan terhadap agama membuat manusia mempunyai pegangan dalam hidupnya. Berwisata dan agama adalah salah satu dari kebutuhan rohani manusia.


Itulah sedikit penjelasan tentan permasalahan manusia dibidang ekonomi, terutama pada kebutuhan manusia. Setelah membaca pembahasan ini semoga kalian lebih paham dan bisa menambah referensi kalian.