Permasalahn Manusia di Bidang Ekonomi: Barang sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan

Barang Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan – Berjumpa lagi di blog yang sederhana ini. Pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang barang sebagai alat pemenuh kebutuhan. Barang apa sajakah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manuasia? Apa saja jenis-jenis barang tersebut?

Kebutuhan manusia tidak terbatas dan beranekaragam. Kebutuhan manusia sifatnya bisa berwujud dan tidak berwujud. Kali ini akan dibahas kebutuhan manusia yang sifatnya berwujud. Pemenuh kebutuhan yang sifatnya berwujud yaitu dengan barang. Barang menjadi alat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Maka dari itu demi kelangsungan hidup dan terpenuhinya kepuasan maka kebutuhan harus dipenuhi. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis barang sebagai alat pemenuh kebutuhan.


Barang menurut Cara Memperolehnya


Barang Ekonomi
Barang ekonomi adalah barang yang memerlukan pengobanan untuk mendapatkannya demi kelangsungan hidup. Sebagai alat pemenuh kebutuhan, barang ekonomi sangat terbatas. Hamper semua barang yang ada adalah barang ekonomi. Jika suatu barang sudah mulai langka maka pengorbanan yang dilakukan manusia semakin besar. Salah satu contoh barang ekonomi adalah air bersih. Sekarang sesorag harus mengeluarkan uang untuk memperoleh air, padahal dulu air bersih sangat mudah didapatkan. Hal ini disebabkan oleh permukiman dan industry yang semakin berkembang menyebanbkan lingkungan menjadi tercemar.


Barang Bebas
Barang bebas adalah barang sebagai alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya tidak terbatas. Untuk memperolehnya manusia tidak harus mengeluarkan biaya, cukup dengan mengambilnya di alam. Contoh barang bebas adalah air, udara, sinar matahari, dan benda-benda alam lainnya. Karena situasi dan kondisi tertentu, adakalanya suatu barang bebas dikategorikasn sebagai barang ekonomi. Misalnya air bersih, bagi masyarakat desa untuk memperoleh air bersih tidak harus mengeluarkan biaya, cukup dengan mengambilnya di alam. Tapi bagi masyarakat kota air bersih sangat susah didapatkan, untuk memperoleh air bersih masyarakat kota harus mengeluarkan biaya.


Barang menurut Kegunaannya


Barang Produksi
Barang produksi adalah barang sebagai alat pemenuh kebutuhan yang berfungsi menhasilkan barang-barang lain. Barang produksi digunakana dalam proses produksi dan sering disebut dengan barang modal. Terdapat dua jenis barang produksi, yaitu barang produksi yang habis dalam sekali pakai dan barang produksi yang bisa digunakan berulang-ulang. Contoh barang produsi yang habis dalam sekali pakai adalah tepung, tepun hanya bisa dipakai sekali ketika digunakan untuk membuat kue. Sedangkan contoh barang produksi yang bisa digunakan berulang-uang adalah mesin.


Barang Konsumsi
Barang konsumsi adalah barang siap pakai yang secara langsung dapat digunakan sebagai alat untuk pemenuh kebutuhan tanpa melalui proses lagi. Barang konsumsi dapat dibagi menjadi dua, yaitu yang habis sekali pakai dan dapat digunakan berulang-ulang. Barang konsumsi yang habis dalam sekali pakai contohnya adalah makanan, sedangkan yang bisa digunakan berulang-ulang contohnya pakaian.


Barang menurut Hubungan dengan Barang Lain


Barang Subtistusi
Tahu kah kalian apa itu barang subtistusi? Barang subtistusi adalah barang yang dapat menggantikan barang lain dalam pemenuhan kebutuhan. Misalnya singkong digunakan untuk menggantikan beras.


Barang Komplementer
Barang komplementer adalah barang pelengkap yang akan bermanfaat jika digunakan secara bersama-sama dengan barang lain. Barang komplementer merupakan salah satu barang sebagai alat pemenuh kebutuhan. Misalnya setrika akan bermanfaat jika digunakan bersama-sama dengan listrik.


Barang menurut Proses Pembuatannya


Barang Mentah
Barang mentah adalah barang yang berasal dari alam yang belum mengalami proses produksi sebagai alat untuk pemenuh kebutuhan. Walaupun masih dari alam dan belum mengalami prose produksi tapi brang mentah ini bisa langsung digunakan untuk pemenuh kebutuhan, misalnya buah apel, buah pisang, dan buah-buahan lainnya. Tapi ada juga yang harus melewati proses produksi agar bisa digunakan untuk pemenuh kebutuhan, misalnya padi. Padi akan bisa di manfaatkan kau sudah mengalami proses menjadi beras.


Barang Setengah Jadi
Barang setengah jadi adalah barang yang sudah mengalami proses produksi tetapi belum bisa untuk di konsumsi. Barang ini sangat mudah kita jumpai dilingkungan kita. Misalnya, triplek merupakan hasil dari pemerosesan kayu, setelah menjadi triplek baru kemudian bisa digunakan menjadi meja dan lainnya.


Barang Jadi
Barang jadi adalah barang akhir dari proses produksi yang sudah siap untuk digunakan. Tanpa ada proses produksi lagi untuk menggunakan barang ini sebagai alat pemenuh kebutuhan. Kita ambil contoh yang paling gampang dari barang jadi, yaitu baju. Baju adalah barang jadi yang sudah siap kita gunakan merupakan pemrosesan dari kapas menjadi benang, kain, dan kemudian menjadi baju.


Demikianlah sedikit penjelasan tentang permasalahan manusia dibidang ekonomi terutama pada barang yang digunakan sebagai alat pemenuh kebutuhan. Semoga apa yang telah dijelaskan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah referensi kalian.