Pengertian-pengertian dan Istilah-istilah Dalam Akuntansi

Pengertian-pengertian dan Istilah-istilah Dalam Akuntansi – Dalam akuntansi banyak terdapat istilah-istilah atau pengertian-pengertian. Kadang kita merasa bingung mengeai arti tersebut ketika belajar akuntansi. Nah, berikut akan disajikan beberapa istilah atau pengertian supaya lebih jelas dalam belajar ilmu akuntansi.

Akuntansi adalah suatu kegiatan atau jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan mengenai kesatuan-kesatuan ekonomi tertentu kepada pihak-pihak yang berkepentingan, untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi.

Kesatuan ekonomi bisa berarti badan hokum, seperti perseroan terbatas, persekuuan atau usaha perseorangan, tetapi bisa juga berarti kesatuan yang lebih kecil dalam suatu organisaasi seperti devisi, departemen, dan seterusnya.

Akuntansi biaya adalah bidang khusus akuntansi yang berkaitan terutama dengan akumulasi dan analisis biaya untuk penentuan harga pokok produk yang dihasilkan, serta untuk membantu manajemen dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.

Akuntansi keuangan adalah bidang khusus akuntansi yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan dan terutama ditujukan kepada berbagai pemakai eksternal atau pihak luar perusahaan, serta informasinya mencakup perusahaan sevara keseluruhan.

Akuntansi manajemen adalah bidang khsus akuntansi yang berkaitan dengan pelaporan keuangan untuk pengguna peakai internal atau pihak dalam perusahaan, dalam hal ini adalah manajemen dari semua jenjang dalam organisasi perusahaan.

Perencanaan merupakan suatu usaha untuk merumuskan tujuan-tujuan dan menyusun program operasi yang lengkap untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, termasuk proses penentuan strategi untuk jangka panjang dan jangka pendek.

Pengendalian merupakan suatau usaha untuk melakukan perbandingan secara kintinyu antara pelaksanaan dengan perencanaan yang ditetapkan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah dirumuskan.

Bagan organisasi perusahaan adalah suatu bagan yang menggambarkan dan menerangkan arus wewenang dan tanggung jawab yang ditetapkan atas jabatan-jabatan dari manajemen kunci dalam suatu perusahaan.

Bagan akuntansi fungsi akuntansi adalah suatu bagan organisasi yang menggambarkan dan merengkan arus wewenang dalam divisi akuntansi yang dipimpin oleh kotroler.

Fungsi lini adalah fungsi-fungsi dalam organisasi yang berkaitan dengan masalah-masalah pengambilan keputusan, bimbingan atau pengarahan, dan supervisi.

Fungsi staf adalah fungsi-fungsi penunjang dalam organisasi yang berkaitan dengan pemberian nasihat dan supervisi kepada anggota-anggota dari fungsi lini.

Penentuan biaya atau harga pokok berdasarkan aktivitas adalah suatu sistem informasi biaya yang menyelenggarakan dan mengelolah data berdasarkan aktivitas-aktivitas perusahaan dan produk-produk.

Pemicu biaya adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan perubahan dalam biaya dari suatu aktivitas dan digunakan sebagai basis untuk mengalokasikan biaya-biaya dari aktivitas tersebut kepada produk-produk.

Biaya adalah pengeluaran-pengeluaran atau nilai pengorbanan untuk memperoleh barang dan jasa yang mempunyai manfaat untuk masa yang akan datang, yaitu melebihi suatu periode akuntansi.

Beban, biasanya terdiri atas beban yang berasal dari biaya yang telah habis masa manfaatnya, beban yang timbul dari penurunan aset atau kenaikan dalam kewajiban sehubungan dengan penyerahan barang dan jasa, serta pengeluaran-pengeluaran yang hanya memberi manfaat untuk tahun buku berjalan.

Kerugian merupakan biaya dari barang atau jasa yang pada saat diperoleh tidak memberikan atau mempunyai manfaat sama sekali karena kondisi-kondisi tertentu.

Biaya produksi adalah biaya yang terjadi sehubungan dengan kegiatan manufaktur atau memproduksi suatu barang terdiri atas bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik.

Biaya utama adalah biaya-biaya yang secara langsung berhubungan dengan produksi, yaitu jumlah biaya bahan langsung dan tenaga kerja langsung.

Biaya konversi adalah biaya-biaya yang terjadi dalam membantu mengolah bahan langsung menjadi produk yang selesai atau barang jadi, yaitu merupakan penggabungan atau penjumlahan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Itulah beberapa Pengertian-pengertian dan Istilah-istilah Dalam Akuntansi yang dapat dirangkum. Pada kesempatan berikutnya akan disajikan kembali beberapa rangkuman dari pengertian dan istilah dalam akuntansi. Semoga pengertian dan istilah-istilah diatas bisa bermanfaat dan bisa menambah referensi dalam belajar ilmu akunatansi.