Perbedaan Tenaga Kerja Langsung Dengan Tenaga Kerja Tidak Langsung

Perbedaan Tenaga Kerja Langsung Dengan Tenaga Kerja Tidak Langsung – Berkembangnya suatu perusahaan salah satunya ditentukan oleh sumber daya manusianya atau tenaga kerja. Maka dari itu manajemen harus pintar dalam mengelola tenaga kerja. Tenaga kerja yang berkualitas pastinya akan membuat pekerjaan menjadi bagus, serta berkembangnya perusahaan.

Pengertian tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat (UU No. 13 tahun 2003 BAB I Pasal 1 Ayat 2).

Dalam akuntansi biaya, tenaga kerja dibedakan menjadi 2, yaitu tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung. Hal yang membedakan kedua tenaga kerja ini adalah berdasarkan keterlibatan dalam proses produksi.

Apakah pengertian biaya tenaga kerja langsung da tenaga kerja tidak langsung? Apa saja karakteristik tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung?


Pengertian

Pengertian atau definisi tenaga kerja langsung adalah setiap orang yang terkait langsung dalam proses produksi dan biayanya dapat diidentifikasi secara khusus kepada suatu proses produksi serta dikaitkan pada barang yang dihasilkan.

Pengertian atau definisi tenaga kerja tidak langsung adalah setiap orang yang tidak terkait langsung dalam proses produksi dan biayanya tidak dapat diidentifikasi secara khusus kepada suatu proses produksi tertentu.


Karakteristik Tenaga Kerja Langsung dan Tenaga Kerja Tidak Langsung

Supaya lebih mudah dalam memahami tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung, berikut disajikan beberapa karakteristik dari kedua tenaga kerja tersebut.

Karakteristik Tenaga Kerja Langsung

  • Tingkat kegiatan produksi menentukan besar kecilnya biaya untuk tenaga kerja langsung
  • Biaya yang dikeluakan untuk tenaga kerja langsung ini merupakan jenis biaya variabel
  • Tenaga kerja yang langsung berkaitan dengan proses produksi
  • Dalam penentuan harga pokok, kegitan tenaga kerja langsung dapat dikaitkan langsung dengan produk akhir
  • Tempat bekerja berada didalam pabrik atau tempat produksi barang

Karakteristik Tenaga Kerja Tidak Langsung

  • Tingkat kegiatan produksi tidak mempengaruhi besar kecilnya biaya tenaga kerja tidak langsung
  • Biaya yang dikeluakan untuk tenaga kerja langsung ini merupakan jenis biaya semi variabel
  • Tenaga kerja tidak langsung tidak tidak selalu bekerja didalam pabrik atau tempat produksi barang, tetapi bisa diluar pabrik


Dalam suatu perususahaan, perencanaan tenaga kerja harus bagus supaya teaga kerja menjadi tenaga kerja yang lebih berkualitas. Ada beberapa pertimbangan dalam perencanaan tenaga kerja, yaitu Kebutuhan tenaga kerja, Pencarian atau penarikan tenaga kerja, Latihan bagi tenaga kerja baru, Evaluasi dan spesifikasi pekerjaan bagi para tenaga kerja, Gaji dan upah yang harus diterima oleh tenaga kerja dan Pengawasan tenaga kerja.


Itulah beberapa perbedaan Perbedaan Tenaga Kerja Langsung Dengan Tenaga Kerja Tidak Langsung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah referensi kalian dalam belajar.