Istilah-istilah Dalam Akuntansi Biaya Part 1

Istilah-istilah Dalam Akuntansi Biaya Part 1 - Dalam akuntansi biaya banyak tedapat istilah-istilah atau pengertian, jika tidak mengerti dengan istilah-istilah akuntansi biaya tersebut kadang merasa susah untuk memahami pelajarannya. Nah, bagaimana cara mempelajari istilah-istilah akuntansi biaya supaya mudah mempelajari akuntansi biaya? berikut akan disajikan beberapa istilah-istilah pada akuntansi biaya

ABC (activity based costing) adalah suatu sistem pendekatan perhitungan biaya yang dilakukan berdasarkan aktivitas-aktivitas yang ada diperusahaan.

Akun rekening koran (R/K) kantor pusat adalah akun yang diselenggarakan dipabrik untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan kantor pusat.

Akun rekening koran (R/K) pabrik adalah akun yang diselenggrakan dikantor pusat untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan pabrik.

Akuntansi adalah suatu kegiatan atau jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan mengenai kesatuan-kesatuan ekonomi tertentu kepada pihak-pihak yang berkepentingan, untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi.

Akuntansi biaya adalah bidang khusus akuntansi yang berkaitan terutama dengan akumulasi dan analisis biaya untuk penentuan harga pokok produk yang dihasilkan, serta untuk membantu manajemen dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.

Akuntansi keuangan adalah bidang khusus akuntansi yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan dan terutama ditujukan kepada berbagai pemakai eksternal atau pihak luar perusahaan, serta informasinya mencakup perusahaan sevara keseluruhan.

Akuntansi manajemen adalah bidang khsus akuntansi yang berkaitan dengan pelaporan keuangan untuk pengguna peakai internal atau pihak dalam perusahaan, dalam hal ini adalah manajemen dari semua jenjang dalam organisasi perusahaan.

Bagan akuntansi fungsi akuntansi adalah suatu bagan organisasi yang menggambarkan dan merengkan arus wewenang dalam divisi akuntansi yang dipimpin oleh kotroler.

Bagan organisasi perusahaan adalah suatu bagan yang menggambarkan dan menerangkan arus wewenang dan tanggung jawab yang ditetapkan atas jabatan-jabatan dari manajemen kunci dalam suatu perusahaan.

Barang cacat (defective goods) adalah barang-barang yang tidak memenuhi standar produksi dan harus diproses lebih lanjut agar memenuhi standar mutu yang ditentukan untuk kemudian dapat dijual.

Barang rusak (spoiled goods) adalah barang-barang yang tidak memenuhi standar produksi dan tidak memerlukan proses lebih lanjut untuk memperbaikinya.

Barang sampah (waste) adalah barang ini terjadi sama seperti barang sisa tetapi tidak mempunyai manfaat lagi dan dengan demikian tidak mempunyai nilai jual.

Barang sisa (scrap) adalah barang yang berasal dari pengolahan bahan, persediaan barang yang kuno, pembesituaan aset tetap, alat-alat atau suku cadang yang cacat atau pecah, dan dari proyek-proyek percobaan.

Basis distribusi atau alokasi biaya adalah suatu basis yang layak untuk mendistribusikan atau mengalokasikan biaya departemen tidak langsung atau biaya bersifat umum dan biaya departemen pendukung.

Beban departemen langsung (direct department charge) adalah biaya-biaya yang terjadi atau berasal dari suatu departemen baik departemen produksi maupun departemen pendukung.

Beban departemen tidak langsung (indirect departemen charge) adalah biaya-biaya yang terjadi di mana manfaatnya diterima secara bersama oleh beberapa departemen, sehingga biaya tersebut harus dialokasikan kepada masing-masing departemen tersebut dengan menggunakan suatu basis alokasi tertentu.

Beban, biasanya terdiri atas beban yang berasal dari biaya yang telah habis masa manfaatnya, beban yang timbul dari penurunan aset atau kenaikan dalam kewajiban sehubungan dengan penyerahan barang dan jasa, serta pengeluaran-pengeluaran yang hanya memberi manfaat untuk tahun buku berjalan.

Biaya adalah pengeluaran-pengeluaran atau nilai pengorbanan untuk memperoleh barang dan jasa yang mempunyai manfaat untuk masa yang akan datang, yaitu melebihi suatu periode akuntansi.

Biaya bahan langsung (direct material cost) adalah seluruh biaya perolehan dari bahan baku yang secara integral telah membentuk barang jadi, seperti kayau dalam membuat meja dan kursi.

Biaya konversi adalah biaya-biaya yang terjadi dalam membantu mengolah bahan langsung menjadi produk yang selesai atau barang jadi, yaitu merupakan penggabungan atau penjumlahan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Biaya overhead pabrik (factory overhead cost) adalah semua biaya untuk memproduksi suatu produk selain dari bahan langsung dan tenaga kerja langsng, yaitu bahan tidak langsung, tenaga kerja tidak langsung, dan semua biaya tidak langsung lainnya.

Itulah beberapa istilah-istilah pada akuntansi biaya part 1, pada kesempatan selanjutnya akan disajikina itilah-istilah akuntansi biaya lainnya. Sekian dan terima kasih.