Pengertian Audit Program Dan Tujuan Audit Program

Pengertian Audit Program Dan Tujuan Audit Program – Langkah yang harus dilakukan oleh auditor sebelum pemeriksaan lapangan dimulai adalah membuat audit plan. Untuk pembahasan audit plan sudah dibahas pada halaman sebelumnya. Untuk tahap selanjutnya ketika pemeriksaan lapangan belum dimulai adalah penyusunan audit program. Audit program disusun oleh auditor setelah selesai menyusun audit plan.

Audit program berisi kumpulan dari prosedur audit yang akan dijalankan dan dibuat secara tertulis. Audit program sangat membantu auditor dalam memberikan perintah kepada staff auditor mengenai pekerjaan yang akan dilaksanakan.
Pengertian Audit Program Dan Tujuan Audit Program
Google Image - Pengertian Audit Program Dan Tujuan Audit Program

Apa pengertian audit program? Apa yang dimaksud dengan audit program? Apa itu audit program? Apa arti audit program? Apa definisi audit program?

Pada hari ini akan dibahas materi tentang audit yaitu pengertian audit program serta penjelasannya.


Pengertian Audit Program

Pengertian audit program adalah kumpulan prosedur audit yang akan dijalankan oleh auditor dengan tujuan supaya meningkatkan koodinasi dan integrasi semua bagian-bagian pemeriksaan. Adapun kegunaan dari audit program yaitu untuk memperoleh gambaran menyeluruh atas proses audit yang telah dijalankan. Pemeriksaan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan jika digunakan tenaga pembantu, mereka harus dipimpin dan diawasi dengan baik. Audit program yang digunakan oleh auditor biasanya disesuaikan dengan bisnis klien.

Audit program berisi langkah demi langkah yang ditetapkan oleh Kantor Akuntan Publik tergantung dari ruang lingkup pemeriksaannya yang harus diikuti oleh auditor atau staff lainnya dalam melaksanakan audit.

Audit program yang baik harus mencantumkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
  • Tujuan pemeriksaan
  • Prosedur audit yang akan dilaksanakan
  • Kesimpulan pemeriksaan


Tujuan Audit Program

Audit program yang telah disusun pasti mempunyai tujuan, berikut ini ada beberapa tujuan dari audit program, yaitu:
  1. Sebagai alat untuk mengontrol dan mencatat pelaksanaan yang tepat dari pekerjaan audit, dan untuk meninjau pekerjaan audit.
  2. Sebagai bukti yang mendukung pendapat auditor.
  3. Sebagai acuan pengumpulan data dan proses evaluasi pelaksanaan tugas audit.
  4. Sebagai pedoman yang spesifik dan langkah-langkah yang harus diikuti dalam pengumpulan bukti audit.
  5. Sebagai sarana perbandingan data yang dikumpulkan dari tahun sebelumnya.


Dalam praktiknya, sebagian Kantor Akuntan Publik menggunakan audit program yang sudah distandarisasi dan digunakan pada setiap kliennya, ada juga menggunakan audit program yang disusun sesuai dengan kondisi dan situasi diperusahaan. Audit program akan lebih baik apabila dibuat seacara terpisah untuk Compliance Test dan Subtantive Test.


Baca Juga:



Demikianlah sedikit pembahasan mengani audit program, semoga materi akuntansi dengan judul Pengertian Audit Program Dan Pembahasannya ini bisa bermanfaat dan bisa menambah referensi dalam belajar akuntansi.