Pengertian Prosedur Audit dan Teknik Audit

Pengertian Prosedur Audit dan Teknik Audit – Prosedur audit dan teknik audit adalah langkah yang harus dijalankan oleh auditor setelah membuat audit program. Untuk pembahasan audit program sudah dijelaskan pada halamanan sebelumnya. Sebelum membahas prosedur audit ada baiknya untuk mengetehaui apakah itu prosedur. Apakah pengertian prosedur itu?

Prosedur merupakan serangkaian aksi yang spesifik, tindakan yang harus dijalankan dengan cara yang baku agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama.

Pengertian Prosedur Audit dan Teknik Audit
Google Image - Pengertian Prosedur Audit dan Teknik Audit

Jadi apakah yang dimaksud degan prosedur audit? Apakah pengertian prosedur audit? Apa saja jenis-jenis prosedur audit?

Pengertian Prosedur Audit

Pengertian prosedur audit adalah tindakan atau langkah-langkah yang dijalankan oleh auditor dan asisten dalam melaksanakan pemeriksaan agar tidak melakukan penyimpangan dan dapat bekerja secara efisien. Auditor melakukan prosedur audit untuk mendapatkan bahan-bahan bukti atau audit evidence yang cukup untuk mendukung pendapat auditor atas kewajaran laporan keuangan perusahaan klien.

Jenis-Jenis Prosedur Audit

Ada 10 jenis prosedur audit yang bisa dilakukan oleh auditor dalam rangka pengumpulan bukti audit. 10 jenis prosedur audit tersebut meliputi:

1. Prosedur Analitis
Prosedur analitis adalah prosedur audit yang terdiri dari kegiatan yang mempelajari dan membandingkan data yang mempunyai hubungan.

2. Inspeksi
Inspeksi adalah pemeriksaan secara teliti atas dokumen atau pemeriksaan kondisi fisik sesuatu.

3. Konfirmasi
Konfirmasi adalah pemeriksaan untuk medapatkan informasi secara langsung kepada pihak independen diluar perusahaan atau pihak ketiga yang bebas.

4. Permintaan Keterangan
Permintaan keterangan adalah prosedur audit yang dilakukan secara lisan atau tertulis kepada pihak intern perusahaan atau pihak luar perusahaan.

5. Perhitungan
Perhitungan adalah prosedur audit yang meliputi: (1) Perhitungan fisik terhadap barang-barang berwujud. (2) Menghitung dokumen yang bernomor urut cetak.

6. Penelusuran
Penelusuran adalah pemeriksaan untuk menelusuri informasi data yang terekam pertama kali dalam dokumen, kemudian dilanjutkan dengan pelacakan, dan pengolahan data tersebut dalam proses akuntansi.

7. Pencocokan Dokumen
Pencocokan dukumen adalah prosedur audit yang meliputi: (1) Inpeksi terhadap dokumen-dokumen yang mendukkung suatu transaksi untuk menentukan kewajaran dan kebenerannya. (2) Membandingkan dokumen dengan catatan akuntansi yang berkaitan.

8. Mengamati
Mengamati adalah prosedur audit yang dilakukan oleh auditor untuk mereview dokumen, catatan, dan daftar untuk mendeteksi unsur-unsur yang tampak tidak biasa sehingga memerlukan penyelidikan lebih dalam.

9. Pelaksanaan Ulang
Pelaksanaan ulang adalah pengulangan beberapa aktivitas transaksi oleh auditor untuk memastikan proses yang dilakukan klien sudah sesuai dengan pengendalian yang telah ditetapkan.

10. Teknik Audit Berbantu Komputer
Apabila catatan akuntansi klien menggunakan media eletronik, auditor dapat mengguakan berbagai prosedur audit yang telah dijelaskan diatas.

Audit Teknik

Pengertian audit teknik adalah teknik atau cara pengumpulan yang dilakukan oleh auditor untuk mengumpulkan bukti audit (audit evidence), seperti konfirmasi, observasi, inspeksi, tanya jawab, dan lainnya.


Baca Juga:


Itulah Pengertian Prosedur Audit dan Teknik Audit. Semoga artikel dengan judul Pengertian Prosedur Audit dan Teknik Audit ini bisa bermanfaat dan bisa menambah referensi kalian belajar auditing. Jangan lupa untuk mengunjungi kembali blog akuntancilik.com untuk mendapatkan materi-materi pelajaran akuntansi.