Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia Yang Harus Kalian Ketahui Serta Manfaatnya

Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia Yang Harus Kalian Ketahui Serta Manfaatnya – Apakah ansuransi itu? Apa saja jenis-jenis asuransi atau macam-macam asuransi? Pada kesempatan ini akuntancilik.com akan membahasa permasalahan diatas. Asuransi adalah salah satu lembaga keuangan non bank yang dikenal sebagai alternatif investasi yang cukup baik dan meminimalisir risiko atas kejadian yang tak terduga. Berdasarkan Wikipedia “asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut”.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan “definisi asuransi adalah sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga”.

Istilah ini menggambarkan bahwa setiap tindakan yang dilakukan untuk memberikan perlindungan terhadap ancaman risiko. Pemegang polis memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah uang yang disebut premi kepada pihak perusahaan asuransi, dan pihak asuransi yang pada gilirannya menyetujui untuk memberikan kompensasi serta perlindungan terhadap kerugian di masa depan yang mungkin menimpa pemegang polis dari perusahaan asuransi tersebut. Saat pemegang polis atau tertanggung atau peserta asuransi mengalami musibah dan mendapat kerugian atau pun kerusakan yang tercantum dalam kontrak, tertanggung berhak mengajukan klaim asuransi. Penerima asuransi ini tidak hanya tertanggung yang namanya terdaftar sebagai pemegang polis dari perusahaan asuransi, tetapi bisa juga orang lain yang ditunjuk langsung oleh tertanggung.
Asuransi dapat dikelompokan dalam bermacam-macam atau ragam jenis dan digolongankan sesuai dengan fokus dan resiko. Fokus dan resiko inilah yang mempertimbangkan ukuran keseragaman dalam resiko yang ditanggung sesuai tipe kebijakan. Hal ini akan dipakaiperusahaan asuransi untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menentukan tingkat premi yang ditawarkan layak dengan jenis-jenis asuransi masing-masing.

Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia Yang Harus Kalian Ketahui Serta Manfaatnya
Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia Yang Harus Kalian Ketahui Serta Manfaatnya - Google Images

Berikut jenis-jenis atau macam-macam asuransi yang ada di Indonesia yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut:


1. Asuransi Jiwa

Jenis atau tipe asuransi satu ini diketahui memberikan profit finansial pada tertanggung atas kematiannya. Cara pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun beraneka ragam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran sesudah kematian dan yang lainnya dapat memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya. Asuransi jiwa bisa dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Malah asuransi jiwa juga diketahui dapat dibeli pada kehidupan orang lain. Sebagai ilustrasinya, misalkan seorang suami dapat membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya sesudah kematian sang istri. Orang tua juga bisa mengasuransikan diri kepada kematian sang buah hati.

baca juga:
Pengertian Asuransi dan Manfaat Mengikuti Asuransi Yang Harus Kalian Ketahui


2. Asuransi Kesehatan

Jenis atau tipe asuransi satu ini juga cukup diketahui oleh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang menangani permasalahan kesehatan tertanggung sebab suatu penyakit serta menanggung tarif pelaksanaan perawatan. Biasanya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi yaitu cedera, cacat, sakit, sampai kematian yang disebabkan kecelakaan. Asuransi kesehatan juga diketahui dapat dibeli untuk kepentingan tertanggung saja atau kepentingan orang ketiga. Perusahaan asuransi kesehatan swasta seperti Prudential, Allianz, AIA, Cigna, dan Manulife menjadi beberapa dari jajaran nama besar yang menyediakan jenis produk asuransi cocok dengan keperluan masyarakat Indonesia dan telah tersebar luas di semua penjuru dunia.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan yang paling populer di Indonesia yaitu jenis asuransi kendaraan beroda empat yang konsentrasi kepada tanggungan cedera terhadap orang lain atau kepada kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung. Asuransi ini juga dapat untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung.

Asuransi kendaraan adalah salah satu produk asuransi umum. Jenis atau tipe asuransi satu ini sempat menjadi booming saat terjadi kerusuhan Mei 1998 sebab momen yang demikian membuat ketertarikan masyarakat terhadap kepemilikan perlindungan untuk kendaraan pribadi meningkat secara drastis.

baca juga:
Jenis-Jenis Pemeriksaan Pajak Yang Perlu Diketahui Wajib Pajak


4. Asuransi kepemilikan Rumah Dan Properti

Sebagai aset yang diukur cukup berharga, umumnya para pemilik rumah akan melindungi diri dan aset miliknya yang dapat berupa rumah atau properti pribadi dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi ini memberikan proteksi kepada kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang-barang tertentu milik pribadi tertanggung. Asuransi ini juga melindungi dan memberikan keringanan bilamana rumah atau properti tertanggung lainnya mengalami bencana seperti kebakaran.

5. Asuransi Pendidikan

Ini adalah asuransi yang paling populer dan menjadi unggulan para pemegang polis. Asuransi pendidikan adalah pilihan terbaik dan solusi menjamin kehidupan yang lebih bagus khususnya pada aset pendidikan buah hati. Tarif premi yang seharusnya dibayarkan tertanggung terhadap perusahaan asuransi berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikan yang ingin didapat nantinya.

Memahami pentingnya pemakaian asuransi pendidikan untuk buah hati sekarang menjadi sesuatu yang menjadi perhatian para orang tua. Tingginya tarif pendidikan dan keadaan lain yang memperburuk ekonomi seperti melemahnya mata uang kita terhadap dollar Amerika berdampak pada tariff pendidikan buah hati nantinya. Menyadari bahwa hal ini jelas akan memberatkan orang tua, karenanya tidak jarang orang tua kini memilih untuk memiliki asuransi pendidikan.

baca juga:
Pengertian Faktur Pajak, Fungsi Faktur Pajak, dan Cara Pengisian Faktur Pajak

6. Asuransi Bisnis

Asuransi ini adalah layanan proteksi kepada kerusakan, kehilangan, ataupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. Asuransi ini memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin topan, hujan, tabrakan, sampai kerusuhan. Perusahaan asuransi umumnya menawarkan beragam manfaat dari asuransi bisnis seperti perlindungan kepada karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk semua karyawan, sampai paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan.


7. Asuransi Umum

Asuransi umum atau general insurance adalah perlindungan terhadap resiko atas kerugian ataupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi umum ini sifatnya rentang pendek (umumnya sekitar satu tahun). Asuransi umum bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

a) Social Insurance (Jaminan Sosial)
Jenis atau tipe asuransi ini adalah asuransi yang harus dimiliki oleh tiap orang atau penduduk dengan tujuan tiap orang mempunyai jaminan hari tua. Pembayaran premi dijalankandengan paksa, salah satu misalnya dengan memotong gaji seseorang tiap bulan.

b) Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela)
Asuransi ini dilaksanakan dengan sukarela. Jenis asuransi sukarela masih dapat dibagi lagi ke dalam 2 kelompok yakni Government Insurance dan Commercial Insurance. Government insurance adalah asuransi yang dilaksanakan oleh pemerintah, sementara commercial insurance adalah asuransi yang dimaksudkan untuk memberikan proteksi terhadap seseorang atau keluarga serta perusahaan dari resiko yang mungkin timbul akibat unexpected events.


8. Asuransi Kredit

Asuransi kredit adalah perlindungan atas resiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit perdagangan, dan lain-lain. Kaitannya erat dengan jasa perbankan khususnya di bidang perkreditan. Kredit adalah pinjaman dalam wujud uang yang diberi bank ataupun Institusi Keuangan selaku pemberi kredit terhadap nasabahnya. Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi bank atau institusi keuangan lainnya dari kemungkinan tak mendapatkan kembali kredit yang dipinjamkan terhadap nasabah dan menolong memberikan bimbingan serta keamanan perkreditan. Pengelola asuransi kredit di Indonesia dipercayakan pemerintah terhadap PT. Asuransi Kredit Indonesia.

baca juga:
Mengenal dan Memahami Pajak Tangguhan (Konsep dan Makna)

9. Asuransi Kelautan

Tipe atau jenis asuransi satu ini khusus ada di bidang kelautan yang fungsinya menentukan pengangkut serta pemilik kargo. Resiko yang mungkin terjadi sehingga terbentuknya asuransi ini ialah kerusakan kargo, kerusakan kapal, dan melukai penumpang. Asuransi kelautan atau asuransi angkatan laut adalah pengalihan resiko bagus untuk diri Anda ataupun turunan}Anda yang memakai jasa angkutan laut. Asuransi ini melibatkan pemakaian jasa perkapalan dalam mengirimkan barang. Sebagian unsur yang memberi pengaruh premi asuransi angkutan laut ialah barang yang diasuransikan, pengepakan barang, resiko yang diasuransikan, pengangkutan, dan perjalanan.

10. Asuransi Perjalanan

Fungsi asuransi perjalanan tidak jauh beda dengan fungsi asuransi biasa sebagai salah satu wujud proteksi terhadap nasabah dengan rentang waktu pendek yakni selama pembeli premi melaksanakan perjalanan sampai kembali pulang. Manfaat dan perlindungan yang akan didapatkan dari mempunyai asuransi perjalanan antara lain mendapatkan proteksi dan penanggungan tarif untuk kecelakaan yang menimpa pembeli premi, santunan kecelakaan pribadi, tanggungan tarif pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, sampai proteksi kepada}barang-barang bwaan yang mempunyai resiko sirna atau rusak.

Mengetahui jenis serta manfaat asuransi yang ada di Indonesia sangat bermanfaat untuk anda menentukan jenis asuransi. Jangan ragu untuk mendaftarkan diri anda pada perusahaan asuransi. Kejadia tidak terduga selalu mengintai anda. Itulah jenis jenis asuransi di Indonesia yang harus kalian ketahui serta manfaatnya.

0 Response to "Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia Yang Harus Kalian Ketahui Serta Manfaatnya"

Posting Komentar