Pengertian Asuransi Kesehatan dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Pengertian Asuransi Kesehatan dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus – Dalam kehidupan ini kita tidak tahu resiko apa yang akan terjadi di hari esok. Tetapi ada beberapa cara untuk mengendalikan resiko itu, salah satunya dengan ikut serta dalam asuransi. Apa itu asuransi? Definisi asuransi adalah salah satu wujud pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lain. Sedangkan defini asuransi menurut Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD) adalah suatu perjanjian di mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.

Jenis-jenis asuransi di Indonesia ada beberapa macam, yaitu:
  1. Asuransi jiwa
  2. Asuransi kesehatan
  3. Asuransi kendaraan
  4. Asuransi kepemilikan Rumah Dan Properti
  5. Asuransi pendidikan
  6. Asuransi bisnis
  7. Asuransi umum
  8. Asuransi kelautan
  9. Asuransi perjalanan

baca juga: Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia Yang Harus Kalian Ketahui Serta Manfaatnya

Kali ini akuntancilik.com akan membahas salah satu dari jenis-jenis asuransi tersebut, yaitu asuransi kesehatan. Kenapa kesehatan harus di asuransikan? Bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang bagus? Dalam kehidupan ini kita tidak tau resiko apa yang akan terjadi pada kesehatan kita. Karena itu ada baiknya kita ikut dalam asuransi kesehatan. Apa pengertian asuransi kesehatan? Apa definisi asuransi kesehatan?

Pengertian Asuransi Kesehatan dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus
Google Images - Pengertian Asuransi Kesehatan dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin tarif kesehatan atau perawatan para nasabah asuransi tersebut apabila mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis atau tipe perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yakni rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Produk asuransi kesehatan diselenggarakan oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, ataupun juga perusahaan asuransi umum.

baca juga: Pengertian Asuransi dan Manfaat Mengikuti Asuransi Yang Harus Kalian Ketahui

Di Indonesia, PT Askes Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi sosial yang menyelenggarakan asuransi kesehatan terhadap para anggotanya yang utamanya adalah para pegawai negeri baik sipil ataupun non-sipil. Anak-anak mereka juga dijamin hingga dengan umur 21 tahun. Para pensiunan beserta istri maupun suami juga dijamin seumur hidup.

Di luar kategori tersebut pemerintah juga menyediakan program asuransi kesehatan terhadap warga berpenghasilan rendah, sekarang disebut Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat), di samping program itu yang dibiayai oleh APBN, sejumlah pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota juga punya program serupa yakniJamkesda dan Jamkesos seperti antara lain, di kabupaten Musi Banyuasin pada 2002, Jembrana semenjak 2003, di DIY semenjak 2003, dan provinsi Sumatera Selatan, di sana disebut Jamsoskes, berawal dari januari 2009. Meskipun pada awal maret 2010 pemerintah sentra menganalisa kemungkinan melarang pembiayaan asuransi kesehatan melalui APBD.

baca juga: Pengertian Faktur Pajak, Fungsi Faktur Pajak, dan Cara Pengisian Faktur Pajak

Pada tahun 2010, 120,2 juta dari sekitar 237 juta penduduk Indonesia mempunyai asuransi kesehatan disediakan oleh PT Askes Indonesia, PT Jamsostek, PT Asabri ataupun melalui program Jamkesmas atau asuransi lain.

Sebagian perusahaan asuransi kerugian dan asuransi jiwa sudah menjual pula program-program asuransi kesehatan dengan bermacam-macam jenis varian yang berbeda. Pada umumnya perusahaan asuransi yang menyelenggarakan program asuransi kesehatan berprofesi sama dengan provider rumah sakit baik secara langsung ataupun melalui lembaga perantara sebagai pembantu manajemen jaringan rumah sakit.

baca juga: Apa Yang Harus Dilakukan Jika Memiliki Dua (2) NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)?


Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Pengertian Asuransi Kesehatan dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus
google images - Pengertian Asuransi Kesehatan dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Selain yang disebutkan di atas, ada banyak perusahaan asuran yang ada di Indonesia. Bagaimana cara memilih perusahaan asuransi yang bagus? Perusahaan asuransi kesehatan yang anda pilih dapat dikatakan bagus apabila anda dapat mengetahui adanya bukti fisik dari perusahaan tersebut, seperti tentang penghargaan kepuasan para konsumennya atau dikenal dengan istilah Customer Satisfaction Award.

baca juga: 3 Masalah Pokok Ekonomi (What, How, For Whom)

Selain itu, perusahaan asuransi yang bagus juga biasanya memiliki nama besar dan cenderung telah makan garam dalam urusan asuransi. Disamping itu, perusahaan asuransi yang bagus belum tentu memiliki agen pindar bersilat lidah sehingga anda direkrut agen perusahaan asuransi yang justu kurang bisa dipertanggung-jawabkan. Sehingga, anda dituntut untuk lebih bersikap kritis dalam mempelajari semua penawaran asuransi yang ditawarkan.

Untuk memilih perusahaan yang paling bagus bagi anda maka anda wajib menyakinkan secara langsung apakah perusahaan tersebut benar-benar bagus atau tidak. Carilah pendapat para pelanggan atau kita bisa menayakan secara langsung terhadap meraka perihal bagaimana perusahaan asuransi kesehatan tersebut melayani para pelanggannya.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai Pengertian Asuransi Kesehatan dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi refernsi untuk kalian.

0 Response to "Pengertian Asuransi Kesehatan dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus"

Posting Komentar