Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Persediaan

Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis PersediaanPersediaan merupakan unsur aktiva yang disimpan untuk dipasarkan kembali dalam aktivitas bisnis atau barang-barang yang dipakai untuk mengolah produk yang akan djual. Pada perusahaan dagang, persediaan berupa barang dagangan yang akan dipasarkan kembali. Tetapi dalam perusahaan manufaktur persediaan berupa bahan baku dan bahan penolong, produk dalam proses, produk jadi, bahan habis pakai, dan suku cadang. Dalam audit, persediaan mendapatkan perhatian lebih besar untuk diaudit sebab beragam alasan salah satunya ialah sebab pada pada umumnya persediaan merupakan aktiva lancar yang jumlahnya cukup material dan merupakan obyek manipulasi serta tempat terjadinya permasalahan-permasalahan besar.

Banyak yang salah paham tentang arti persediaan, seharusnya barang-barang yang dikategorikan menjadi aset malah dimasukan ke dalam persediaan. Pada kesempatan ini akuntancilik.com akan menjelaskan pengertian persediaan menurut para ahli, jenis-jenis persediaan, dan penentuan kuantitas persediaan

Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Persediaan
Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Persediaan - Google Images

Pengertian persediaan menurut Standar Akuntansi Keuangan (PSAK: No. 14, hal 14.1 s.d 14.2 dan 14.9-IAI, 2002) adalah:

  • Aset terseida untuk dijual dalam kegiatan usaha normal.
  • Aset dalam proses produksi dan atau dalam perjalanan; atau
  • Aset dalam bentuk bahan atau perlengkapan (supplies) untuk digunakan dalam proses atau pemberian jasa.


Pengertian Pesediaan Menurut Para Ahli

Beberapa ahli akuntansi mmendefinisikan persediaan dengan gaya bahasanya sendiri. Berikut ini adalah definisi mereka dari makna persediaan itu sendiri.
Persediaan adalah persediaan barang-barang atau bahan-bahan yang menjadi sebuah objek usaha pokok perusahaan - Munandar (2005:50)
Persediaan merupakan sebuah barang yang dijual di dalam aktivitas operasi normal perusahaan - John J Wild, K. R. Subramanyam dan Robert F Halsey

Baca Juga: Akun-akun Yang Digunakan Pada Metode Periodik dan Perpetual Dalam Transaksi Perusahaan Dagang

Persediaan adalah suatu kepurusan investasi yang penting sehingga perlu kehati-hatian - Johns dan Harding (2001:71)
Persediaan adalah barang yang disimpan untuk digunakan atau dijual pada periode mendatang - Kusuma (2009:132)
Persediaan dibagi menjadi dua makna berdasarkan jenis operasi perusahaan. Jika perusahaan tersebut perusahaan manufaktur “persediaan adalah simpanan bahan baku dan barang setengah jadi untuk diproses menjadi barang jadi yang mempunyai nilai tambah lebih besar secara ekonomis untuk dijual ke konsumen”. Jika perusahaan tersebut adalah perusahaan dagang maka “persediaan adalah simpanan sejumlah barang jadi yang siap untuk dijual kepada konsumen - Prawirosentono (2005:83) 
Persediaan adalah stok bahan yang digunakan untuk memudahkan produksi atau untuk memuaskan permintaan pelanggan - Schroeder (2000:4)

Baca Juga: Pengertian Metode LIFO, FIFO, AVERAGE Pada Akuntansi

Persediaan merupakan suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha tertentu, atau persediaan barang-barang yang masih dalam pengerjaan atau proses produksi ataupun persediaan bahan baku yang menunggu penggunaannya dalam suatu proses produksi - Rangkuti (2004:1) 
Persediaan barang adalah suatu aktiva lancar yang meliputi barang-barang yang merupakan milik perusahaan dengan sebuah maksud supaya dijual dalam suatu periode usaha normal ataupun persediaan barang-barang yang masih dalam pekerjaan sebuah proses prosuksi maupun persediaan bahan baku yang juga menunggu penggunaannya di dalam suatu proses produksi - Sofyan Assauri (2005:50) 
Persediaan adalah sebuah istilah dari persediaan barang yang dipakai agar menunjukkan barang-barang yang dimiliki supaya dijual kembali atau juga digunakan untuk bisa memproduksi barang-barang yang akan dijual - Zaki Badridwan (2000:149)


Jenis-Jenis Persediaan

Jika dilihat dari segi fisiknya, persediaan dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis persediaan, yaitu:

Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Persediaan
Google Images - Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Persediaan


1. Persediaan Bahan Mentah

Persediaan bahan mentah merupakan persediaan bahan yang masih belum memuat unsur-unsur biaya  didalam bahan tersebut. Contohnya, pada pabrik furniture karenanya bahan mentahnya masih kayu gelondongan, belum ada penanganan lebih lanjut yang bisa dicatat menjadi biaya perusahaan.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Perpetual dengan Sistem Periodik Serta Contoh Jurnalnya

2. Persediaan Komponen-Komponen Rakitan

Persediaan komponen-komponen rakitan sangat mudah dijumpai pada industri elektronik dan otomotif. Tiap-tiap pabrik elektronik atau otomotif pasti mempunyai pabrik perakitannya sendiri. Dalam sebuah pabrik perakitan ada beragam-jenis persediaan bagian-bagian rakitan. Seperti misalnya dalam sebuah pabrik notebook maka hard disk adalah persediaan bagian-bagian rakitan yang siap dirakit menjadi notebook.


3. Persediaan Bahan Pembantu atau Persediaan Bahan Penolong

Persediaan bahan pembantu atau penolong adalah katalisator dari produksi bahan tersebut. Jadi bahan bahan pembantu atau penolong bukan merupakan komponen atau bagian barang jadi tetapi bahan tersebut betul-betul dibutuhkan dalam produksi.


4. Persediaan Dalam Proses

Persediaan dalam proses atau biasa disebut persediaan setengah jadi adalah bahan baku yang sedang diproses dimana nilainya merupakan akumulasi biaya bahan baku (raw material cost), biaya tenaga kerja (direct labor cost), dan biaya overhead (factory overhead cost).


5. Persediaan Barang Jadi

Persediaan barang jadi adalah barang jadi yang berasal dari barang yang telah selesai diproses sudah siap untuk dijual sesuai dengan tujuannya.

baca juga: Dasar-Dasar Akuntansi: Memahami Akuntansi Dengan Mudah

Dari review tersebut diatas bisa disimpulkan bahwa persediaan yang dimiliki oleh perusahaan berbeda-beda tergantung pada sifat dan tipe, yakni} persediaan barang dagangan pada perusahaan dagang. Sedangkan bagi perusahaan manufaktur, persediaan terdiri dari persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses, persediaan barang jadi, dan persediaan bahan pembantu.


Itulah Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Persediaan yang bisa akuntancilik.com jelaskan. Semoga artikel tentang persediaan ini bisa bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi referensi kalian.

0 Response to "Pengertian Persediaan Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Persediaan"

Posting Komentar