Pengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya

Pengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya – Kalian pasti sering mendengar apa itu surat berharga dan invetasi. Kedua hal ini perlu kalian ketahui, kenapa demikian? Ketika anda berbisnis pahm dengan kedua hal itu, karena ketika bisnis pasti akan ada kedua hal itu. Jadi apa itu surat berharga? Apa pengertian surat berharga? Apa jenis-jenis surat berharga? Apa itu invesntasi? Apa pnegertian investasi? Apa saja jenis investasi? Apa risiko dari infestasi?

Pada kesempatan ini akuntancilik.com akan membahas tentang Pengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya. Yuk disimak…

SURAT BERHARGA

Pengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya
Add captionPengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya - google images

Di Indonesia, surat berharga berkembang mulai tahun 1980 sesudah adanya deregulasi ekonomi dalam bidang keuangan. Peraturan ini membawa perubahan terhadap berkembangnya pasar keuangan di Indonesia dimana surat berharga komersial ini ialah salah satu wujud pengembangan pasar financial. Selanjutnya pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bank Indonesia No.28/52/DIR dan No 49/52/UPG yang masing-masing perihal Persyaratan perdagangan dan penerbitan surat berharga komersial” lewat bank umum di Indonesia. Dimana dengan adanya regulasi tersebut maka bank umum di Indonesia memiliki pedoman yang seragam.

baca juga: 3 Masalah Pokok Ekonomi (What, How, For Whom)

Pengertian surat berharga merupakan surat pengakuan utang, saham, wesel, sekuritas kredit, obligasi, atau setiap derivatifnya, atau kepentingan lain, atau suatu kewajiban dari penerbit dalam bentuk yang lazim diperdagangkan dalam pasar modal dan pasar uang (Dunil Z: 2004).

Fungsi Surat Berharga

Fungsi secara yuridis, surat berharga mempunyai fungsi sebagai:

  1. Sebagai alat pembayaran.
  2. Sebagai alat pemindahan hak tagih (karena dapat diperjualbelikan).
  3. Sebagai Surat Legitimasi (Surat Bukti Hak Tagih).

baca juga: Pengertian Asuransi dan Manfaat Mengikuti Asuransi Yang Harus Kalian Ketahui

Dilihat dari fungsinye tersebut, terdapat 3 jenis surat berharga, yaitu:

  1. Surat yang bersifat hukum kebendaaan.
  2. Surat tanda keanggotaan dari persekutuan.
  3. Surat tagihan hutang.
  4. Jika dilihat dari fisiknya, surat berharga hanyalah sepucuk surat, tetapi secara hukum dapat mengikat.


Jenis-jenis Surat Berharga

Berdasarkan Kitab Undang-undang Hukum Dagang dalam Buku I titel 6 dan titel 7, mengatur
Jenis-jenis surat berharga seperti:

  1. Wessel
  2. Surat sanggub
  3. Cek
  4. Kwitansi-kwitansi dan
  5. Promes atas tunjuk 
  6. Dan lain-lain
  7. Sekarang ini banyak muncul jenis-jenis surat berharga, seperti:
  8. Bilyet Giro
  9. Travels Cheque
  10. Credit Card
  11. Dan lainnya


baca juga: Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia Yang Harus Kalian Ketahui Serta Manfaatnya


INVESTASI

Pengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya
Pengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya - google images

Investasi merupakan suatu istilah dengan sebagian pengertian yang berkaitan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berhubungan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu keinginan menerima profit pada masa depan. Adakalanya, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

Pengertian investasi berdasarkan teori ekonomi adalah pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi dipakai untuk produksi yang akan datang (barang produksi).

baca juga: Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Asuransi

Sebagian produk investasi diketahui sebagai efek atau surat berharga. Definisi efek ialah suatu instrumen bentuk kepemilikan yang bisa dipindah tangankan dalam wujud surat berharga, saham atau obligasi, bukti hutang (Promissory Notes), bunga atau partisipasi dalam suatu perjanjian kolektif (Reksa dana), Hak untuk membeli suatu saham (Rights), garansi untuk membeli saham pada masa yang akan datang atau instrumen yang bisa diperjual belikan.

Bentuk Inveasti

Berikut ini ada beberapa bentuk atau jenis-jenis investasi, yaitu:

  1. Investasi tanah. Invetasi ini diharapkan dengan bertambahnya populasi dan pemakaia tanah, harga tanah akan naik pada masa depan.
  2. Investasi pendidikan. Invetasi ini diharapkan dengan bertambahnya pengetahuan dan keahlian, maka itu diharapkan pencarian kerja dan pendapatan lebih besar.
  3. Investasi saham. Invetasi ini diharapkan perusahaan menerima profit dari hasil kerja atau penelitian.
  4. Investasi mata uang asing. Invetasi ini diharapkan pemodal akan menerima profit dari menguatnya nilai tukar mata uang asing kepada mata uang lokal.

Risiko Investasi

Selain bisa menambah penghasilan seseorang, investasi juga membawa risiko keuangan apabila investasi tersebut gagal. Ada banyak hal yang menyebabkan kegagalan investasi, diantaranya ialah unsur keamanan (baik dari musibah alam atau diakibatkan unsur manusia), atau ketertiban hukum.

baca juga: Prosedur Audit Piutang (Audit Procedures) dan Penjelasannya

Itulah Pengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya atau perbedaan investasi dengan surat berharga. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk kalian.

0 Response to "Pengertian Surat Berharga dan Investasi Serta Jenis-jenisnya"

Posting Komentar